Health & Diet
Menu untuk Penderita Diabetes

1 Apr 2012

Tanya:
Bagaimana mengatur diet untuk mengontrol kadar gula darah yang tinggi? Apa do's and don'ts-nya?  

Jawab:
Bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi, fokus pada kualitas lebih penting dibandingkan dengan kuantitas.

DO’S  
  • Karbohidrat yang sehat.  Banyak buah, sayuran segar, whole grains, kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang hijau, dan susu rendah lemak.
  • Makanan yang kaya akan serat. Sayuran segar, buah, kacang-kacangan, dan whole whear dan wheat bran.
  • Makan ikan laut minimal 2 kali dalam seminggu. Kandungan omega 3-nya melindungi jantung. Hindari proses memasak dan menggoreng untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya.
  • Jangan takut mengonsumsi lemak yang baik. Lemak tidak jenuh tunggal dan ganda yang ada pada avokad, almond, walnut, olive, dan canola,  memiliki fungsi yang baik untuk menjaga level kolesterol dalam darah. Akan tetapi, kuantitas tetap perlu diperhatikan karena semua lemak mengandung kalori yang tinggi. Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke dengan mempercepat proses penyumbatan pembuluh darah dan aterosklerosis.
DON’TS
  • Hindari lemak jenuh. Susu full cream dan protein hewan, seperti daging merah dan daging olahan, mengandung lemak jenuh yang relatif tinggi dan perlu dikurangi. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk jenis daging merah yang diproduksi secara khusus, yang kandungan lemak jenuhnya lebih rendah. Sayangnya, daging seperti ini belum umum tersedia.
  • Hindari lemak trans. Lemak yang biasanya banyak terkandung dalam snack, makanan olahan, margarin, harus dihindari secara total.
  • Kontrol asupan kolesterol. Kata kuncinya adalah ‘kontrol’, bukan ‘eliminasi’. Perhitungkan jumlah yang masuk dalam makanan sehari-hari Anda (kurang lebih 200 miligram kolesterol per hari).
  • Kontrol asupan garam. Hindari membubuhi garam, kecap (asin dan manis), dan saus botolan pada makanan.
Konsultan: Emilia Achmadi, M.Sc. (Nutritionist)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?