Sex & Relationship
Menjaga Dari Jauh

25 Mar 2013

Suami Anda mendapat promosi pekerjaan, tetapi harus pindah ke kota yang terpencil. Karena mempertimbangkan sekolah anak, Anda dan si kecil tidak ikut pindah. Seringnya gosip yang muncul tentang pria yang tugas di daerah,  jauh dari anak-istri, apalagi yang berkedudukan tinggi, banyak sekali godaannya. Bagaimana ‘menjaga’ suami tanpa bersikap berlebihan?

Menurut Irma Makarim, tiap keputusan yang Anda ambil tentu ada konsekuensinya, dan Anda perlu menyiapkan diri untuk menghadapinya. Dengan tidak ikut pergi ke daerah terpencil bersama suami, kedua anak Anda bisa tetap bersekolah di tempat yang Anda inginkan. Di sisi lain, kehadiran seorang ayah cukup penting dalam kehidupan anak. Anak Anda jelas akan kehilangan sosok ayah untuk beberapa lama. Anda sendiri diliputi kecemasan melihat kenyataan bahwa suami Anda tinggal sendiri di sana.

Godaan bisa datang kapan dan di mana saja. Inilah pentingnya saling memercayai antara suami-istri.  Suami maupun Anda diharapkan bisa menjaga diri masing-masing dan menjaga kedua anak. Tetaplah memelihara komunikasi secara terbuka dan memberikan informasi mengenai keluarga sehingga suami tetap merasa dirinya terlibat dalam perawatan anak.

Bila ini tetap membuat Anda tak yakin, mungkin Anda bisa memikirkan untuk pindah ke tempat suami. Belajar bisa dilakukan di mana saja. Mungkin sekolah di daerah secara akademis tidak seperti yang Anda harapkan, tetapi anak-anak Anda bisa belajar banyak dari lingkungan dan alam sekitarnya. Ini tak pernah didapatkan oleh anak-anak yang tinggal di kota besar. Apalagi kehadiran ayah akan banyak berarti bagi anak-anak dan Anda sendiri. Pilihan ada di tangan Anda.  

Sedangkan menurut Monty Satiadarma, jalan satu-satunya adalah membangun rasa saling percaya dan tidak menyalahgunakan kepercayaan. Godaan tidak hanya berlangsung karena hidup berjauhan, dalam kehidupan yang relatif berdekatan pun godaan bisa saja datang. Idealnya keluarga secara utuh berada dalam lokasi tempat tinggal yang sama dan tidak terlalu terpisah.

Cepat atau lambat, kesenjangan fisik akan memberi dampak kesenjangan emosi satu sama lain. Demikian juga kesenjangan emosi antara anak dan orang tua. Namun, adakalanya tantangan tidak bisa terlalu cepat diatasi. Desakan kondisi hidup membuat pasangan harus berada dalam rentang jarak yang cukup lebar.

Oleh karena itulah, penting dibangun kepercayaan dan diikuti dengan menjaga rasa saling percaya melalui hubungan komunikasi dan hubungan batin yang erat. Fasilitas komunikasi modern amat berpotensi menjaga hubungan tersebut, namun tentunya semua itu harus dilandasi oleh hubungan batin yang kokoh. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?