Career
Menghadapi Anak Buah Yang Kaya Pengalaman

3 Sep 2013


Menurut Emilia Jacob, junior partner lembaga konsultan sumber daya manusia, Experd, menghadapi anak buah yang rata-rata sudah lama bekerja di perusahaan, apalagi berusia jauh lebih tua daripada Anda, memang perlu keluwesan. Jika Anda menyampaikan kesalahan atau memberi perintah langsung kepada bawahan yang lebih ‘senior’ dari Anda, biasanya ia akan merasa tidak terima. Sebagai orang yang merasa sudah lebih berpengalaman, saat situasi seperti itu, reaksi yang langsung terjadi adalah bagaimana caranya  ‘menyelamatkan muka’. Ia cenderung bersikap defensif.

“Kuncinya ada pada cara berkomunikasi. Sampaikan pendapat Anda dalam bentuk pertanyaan,” saran Emilia. Misalnya, “Kalau melakukannya dengan cara ini bagaimana menurut Anda?” Kalaupun ia melakukan kesalahan, komunikasi semacam ini membuat ia merasa tidak malu-malu amat. Dengan kalimat pertanyaan, Anda membuat bawahan memiliki ruang untuk berpikir dan bersedia melangkah mundur sedikit untuk memperbaiki pekerjaan. Ia tak tersinggung, maksud Anda pun tercapai.

Nuri Fajriati



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?