Food Trend
Mengenal Jenis-Jenis Roti

12 Mar 2012

Kenali beberapa jenis roti, yuk!
  • Roti manis: Terbuat dari adonan tepung terigu-mentega-telur-gula yang ditambahkan ragi. Menghasilkan tekstur empuk dan rasa yang  relatif manis. Membutuhkan langkah menguleni adonan  agar gluten terbentuk sehingga didapatkan adonan yang elastis kala dibentuk. Contohnya roti manis isi atau roti-roti ber-topping gaya Taiwan. Meski tidak terasa manis, roti tawar termasuk dalam kategori ini karena dalam adonannya menggunakan gula.
  • Roti Eropa: Kaya serat karena terbuat dari tepung whole wheat. Variasinya bisa ditambahkan sunflower seed, poppy seed, dan pumpkin seed. Minim atau bahkan tanpa menggunakan bahan pelembut, seperti mentega, telur, dan ragi. Teksturnya relatif padat, tidak seringan roti manis. Misalnya, roti gandum dan pumpernickel (roti gandum dari gandum jenis rye).
  • Donat: Adonannya serupa roti manis, tapi digoreng, bukan dipanggang. Teksturnya empuk dan kulitnya relatif renyah. Contohnya, long johns, glazed doughnuts, dan crullers. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?