Career
Mengambil Respek Bawahan

31 Jan 2013


Sebagai atasan baru, besar kemungkinan Anda membawahi karyawan yang sudah bekerja bertahun-tahun di kantor tersebut. Anda mulai merasa gerah saat kinerja Anda mulai dibandingkan dengan atasan sebelumnya. Yang lebih menyebalkan, saat Anda memberi perintah, mereka berani menolak!  Apa yang harus dilakukan agar sikap mereka berubah?

Menurut Yuni Lasti Faulinda, Junior Partner Konsultan Experd, adalah lumrah jika Anda memasuki lingkungan baru, maka ‘orang lama’ akan merasa terusik kenyamanannya. Terlebih jika Anda langsung menduduki posisi atas yang mungkin sebenarnya sudah lama diincar oleh tim Anda.

Satu hal yang harus disadari, jika sebuah perusahaan merasa sampai harus merekrut orang luar dan bukannya diisi dari internal perusahaan, berarti Anda dianggap memiliki kompetensi yang tidak dimiliki oleh kandidat internal mereka.

Karena itu, untuk mendapatkan respek bawahan, Anda bisa mulai dengan menunjukkan bahwa Anda benar-benar menguasai bidang yang Anda tangani. Anda harus mengambil posisi sebagai leader yang ‘knows the way, shows the way, and goes the way’. Jangan pernah bertindak sebagai bos yang suka memerintah.

Tunjukkan bahwa Anda dapat menduduki posisi ini bukan karena faktor keberuntungan atau koneksi, tapi karena Anda di sana untuk melakukan perbaikan. Jika Anda bisa terus mempertahankan kredibilitas Anda secara konsisten, maka Anda akan mendapatkan respek bawahan Anda. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?