Career
Menangkal Efek Domino Bisnis Online

19 Oct 2011

Bisnis online memang bisa secepat kilat menghasilkan keuntungan. Namun praktisi servis Cyltamia Irawan di bukunya, Secangkir Kopi untuk Sahabat Customer, mengungkapkan bahwa bila di tengah jalan ada pelanggan yang komplain, maka begitu ketidakpuasan itu diungkap di online, secepat kilat pula komplain itu menyebar bak virus. Ikuti tip ini untuk menghalau efek domino tersebut.

1. Memberikan garansi. Jika pesanan tidak sesuai ekspektasi dan merasa tidak cocok, barang bisa dikembalikan. Dengan catatan, jangka waktunya 24 jam dari waktu barang diterima.

2. Bila pesanan yang tidak sampai sesuai waktu yang dijanjikan, beri kesempatan pada pelanggan untuk memilih barang lain sesuai harga barang yang ‘hilang’ tersebut.

3. Jika menerima komplain, jangan biarkan konsumen menunggu tanggapan terlalu lama. Segeralah dijawab dan diselesaikan.

4. Jika pelanggan komplain di media jejaring sosial, jangan langsung bereaksi. Hubungi pelanggan lewat inbox atau dengan direct message. Selesaikan masalah, lalu beri kompensasi, misalnya berupa diskon untuk pembelian selanjutnya. Setelah selesai, barulah kembali lagi ke media jejaring sosial, mintalah maaf atas ketidaknyamanan itu, plus penjelasan bahwa persoalan sudah diselesaikan.

5. Untuk meminimalikan komplain, catatlah pesanan pelanggan secara mendetail. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?