Food Review
Membuka Pintu 'Rumah' Betawi

26 Nov 2015


Rumah Baba-Restoran Otentik Betawi di bilangan Cipete, Jakarta Selatan, menyuguhkan Pecak Gurame, Rujak Juhi, Nasi Uduk, Kerak Telor,   Soto Tangkar, dan tentunya  Bir Pletok. Ini  adalah racikan yang sudah sulit ditemui, kecuali Anda mau mengetuk pintu rumah kerabat atau teman yang masih berdarah Betawi.
   
Facade rumah makan dibuat dengan unsur-unsur desain rumah Betawi   dalam warna hijau dan kuning yang menyala. Unsur ini mengental di bagian dalam, dengan kursi-kursi serta pajangan yang seakan-akan sebuah galeri rumah Betawi.  

Para pramusaji berpakaian kebaya encim dengan gaya rambut konde cepol. Sambil menanti pesanan, lidah femina dimanja dengan sejuknya Es Selendang Mayang. Di sini, Anda memang tak perlu susah-susah mencarinya di pinggir jalan demi segelas kelembutan potongan tipis adonan hunkwe-nya.

Sayur Goreng Asem Iga atau juga disebut Masak Goreng Asem adalah  kelebihan Rumah Baba. Saat menyeruput kuah sayur asemnya, langsung teringat dapur ‘nyak’ yang selalu menyandingkan sayur sedap ini dengan sambal terasi.

Meski tiada gabus pucung di dalam menu, femina dibuai dengan sepiring Gurame Pucung. Ikan gurami goreng ini dikucuri dengan bumbu pucung (keluak) yang begitu kental. Seporsi nasi masih kurang untuk menuntaskan lezatnya kuah bumbu pucung ini. Tak mengapa karena kuah ini pun tetap prima disantap begitu saja, tanpa ditemani apa pun.

Walau di luar jam sarapan, di sini ada pula nasi kuning, nasi uduk, serta semur telur dan tahu. Lauk ayam goreng lengkuasnya disandingkan bumbu kuah semur yang nendang. Jika ingin hidangan berkuah panas dan juga jempolan, jajal Soto Tangkar, yang menyiratkan rasa santan yang gurih berkat ciri khas rebusan tulang (‘tangkar’ berarti tulang). (f)

Alamat: Jl. Cipete Raya No. 7A, Fatmawati, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 7699205.
Jam buka: 11.00–22.00 WIB.
Harga*): Rp10.000 – Rp75.000. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Cek sebelum bersantap.
Suasana: Rumah bergaya Betawi dengan sentuhan dekorasi tempo dulu.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?