Food Review
Memanjakan Lidah & Mata

27 Jul 2011

Makanan lokal yang dulunya didominasi oleh warung sederhana dan warung tenda kaki lima, beberapa tahun belakangan sudah bersalin wajah jadi lebih modern. Salah satu tempat makan yang menyajikan masakan Indonesia dengan cita rasa yang pas adalah Dua Nyonya. Di usianya yang baru 1 tahun, rumah makan yang menawarkan suasana homy dengan sedikit sentuhan tradisional ini sudah mampu memikat hati banyak orang.

Saat lidah sedang merindukan kelezatan bebek goreng, tempe mendoan, pisang kipas, nasi bakar peda, atau pempek, Dua Nyonya siap menjawab keinginan selera santap Anda. Coba saja Anda datang pada jam makan siang, tapi pastikan tidak telat! Terlambat sedikit, Anda harus bersabar menunggu ’jatah kursi’. Seperti layaknya tempat makan lain di sepanjang Jalan Cikini Raya yang berukuran mungil, Dua Nyonya hanya menampung sekitar 50-an pengunjung.

Tiga pilihan nasi bakar di resto ini termasuk menu andalan yang banyak dipesan. Ada Nasi Bakar Dendeng Batokok, Nasi Bakar Ikan Asin Cabe Ijo Terong, dan Nasi Bakar Peda Daun Melinjo. Untuk ketiga menu ini, selain lauk utama, satu paketnya disajikan dalam keranjang bambu bersama sayur (yang berganti pilihan tiap minggu), bakwan jagung, kerupuk kulit, lalapan, dan sambal terasi. Cita rasanya seperti masakan rumahan yang dekat di hati.

Tahu kipas dan tempe mendoan bisa menemani Anda sambil menunggu pesanan hidangan utama datang. Kalau mau sup yang hangat dan segar, sup buntut bisa dipilih. Atau, kalau hanya ingin duduk santai sambil ngobrol bersama sahabat atau pasangan, Anda bisa mencicipi pempek, serabi, es puter, atau bubur sumsum. Bagi penggemar kopi, jangan lupa menikmati keistimewaan secangkir kopi lokal, seperti kopi Sumatra, Jawa, Toraja, atau kopi luak yang eksotis. Setelah perut dimanja, melalui connecting door, Anda bisa mampir ke ’toko sebelah’ yang menjual baju dan kain batik eksklusif yang memanjakan mata. Konsep memadukan resto dan butik memang jadi pilihan Dana Iswara dan Dewi, dua nyonya yang ada di balik layar. (LM)

Lokasi: Jl. Cikini Raya No. 27, Jakarta. Telp: (021) 3144691. Harga*): Makanan: Rp4.000 – Rp55.000, Kopi: Rp15.000 – Rp50.000 (belum termasuk pajak dan servis 15%).  Jam buka: Setiap hari, pukul 11.00 – 22.00 WIB, Jumat dan Sabtu, pukul 11.00 – 24.00 WIB. Suasana: Resto modern yang nyaman dengan sedikit sentuhan tradisional.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.
 
Foto: Dok. Dua Nyonya



 


MORE ARTICLE
polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?