Food Review
Memahami Kopi

21 Nov 2012


Tidak mudah untuk mengerti kopi. Secangkir kopi pekat menyimpan rasa, aroma, acidity, dan body, yang bagi awam hanya terdefinisi sebagai rasa pahit. Padahal, sekali  dipahami, kopi adalah ‘teman bicara', lebih dari sekadar penghalau kantuk. Seduhan biji kopi Wamena (Papua) misalnya, 'berbicara' akan selintas aroma buah-buahan berry dan acidity yang rendah.

Dendy Sjahada adalah salah seorang pencinta kopi. Di belakang coffee shop Blacklisted miliknya –yang baru buka September lalu– tak terhitung berapa cangkir kopi Mint Latte yang menemaninya. “Tahun 1675, King Charles II pernah melarang beroperasinya kedai kopi, tempat  berkumpulnya para pemikir yang bisa saja tak setuju dengan gagasan politik raja Inggris itu. Kopi dipandang merepotkan, karena bagai opium yang menyulutkan pemikiran anarki,” ceritanya, tentang inspirasi nama Blacklisted.

Barista top Saxon Wright meracik Espresso untuk femina di pesta pembukaan. Seduhannya sanggup mengekstrasi lemak dari kopi yang menghasilkan buih-buih tipis (crema) di atas espresso. Penyuka kopi Kenya itu terbang secara periodik dari kota Sydney, untuk coffee-cupping (icip-icip kopi) bersama barista Blacklisted.

Signature Orange Peel Coffee terbuat dari coffee blend, yang di antaranya kopi Kosta Rika, Brasil, dan Aceh. Ada aroma kulit jeruk yang berjodoh dengan pekatnya kopi dan buih susu dari racikannya.

Seduhan di sini memang mantap, membuat Anda menjadi customer yang diperlakukan spesial, apalagi ditemani Red Velvet Cake-nya. Kalau dipikir-pikir, bukankah memang ada kata A-list di tengah kata ‘blacklisted’?(f)

Alamat: Mall Puri Indah, lt. Dasar/ Unit 71, Jl. Puri Agung, Puri Indah. Telp: (021) 5823332. Jam buka: 10.00-22.00 WIB. Harga: Rp9000-Rp69.0000. Suasana: Dekor biru gelap dan hitam, beri kesan misterius. 

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?