Trending Topic
Mari Membaca Dengan Lantang!

6 Mar 2014

Di tengah keributan dan sesaknya lalu lintas Jakarta yang nyaris tak pernah lepas dari kemacetan, ajang car free day menjadi sebuah oase yang paling ditunggu. Seperti Minggu (2/3) lalu, di bilangan Sudirman dan Thamrin yang melingkungi Bundaran Hotel Indonesia. Sekelompok orang muda dengan setumpuk buku dongeng terlihat berkeliling membacakan cerita kepada anak-anak kecil, remaja, bahkan orang dewasa. Sebuah poster bertuliskan “World Read Aloud Day” menggantung di dada mereka.

Sementara itu, di salah satu ruas trotoar di jalan Sudirman beberapa anak terlihat berkumpul. Ada yang sibuk membaca buku, dan ada yang asyik mendengarkan pembacaan dongeng. Wajah mereka terlihat sumringah. Sesekali suara gelak tawa terdengar, begitupun ekspresi malu-malu dari beberapa anak ketika mereka diminta secara bergiliran membaca dongeng berbahasa Inggris dari buku cerita dwi bahasa.

Rupanya di hari itu komunitas Goodreads Indonesia sedang mengkampanyekan gerakan World Read Aloud Day yang tahun ini jatuh pada 5 Maret 2014. Kampanye World #ReadAloud Day adalah salah satu kegiatan litworld.org (@litworldsays ), sebuah organisasi yang fokus dalam mendorong dunia literasi. Tahun 2014, Goodreads Indonesia resmi menjadi rekanan mereka untuk menyemarakkan kampanye di Indonesia.


 

“Kampanye ini sudah kita ikuti sejak tahun lalu yang telah tersebar ke lebih dari enam puluh negara. Dengan kampanye #ReadAloud ini kami berharap akan makin banyak yang sadar tentang pentingnya hak membaca dan menulis untuk semua orang. #ReadAloud juga mengajak semua orang untuk merayakan kekuatan kata-kata dan cerita, serta membaginya kepada orang lain,” jelas Sukma Rezany, salah satu moderator dari Goodreads Indonesia (GRI).

Di kesempatan yang sama, mereka juga membuka dropbox yang menampung buku-buku yang nantinya akan disalurkan melalui komunitas @bukuuntukpapua bagi warga Papua.

 

 

Kegiatan ini juga tidak hanya berlangsung di Jakarta saja. Di hari yang sama, komunitas GRI Medan juga melakukan aktivitas serupa. Bahkan GRI kota Malang merayakan World Read Aloud Day ini dengan aktivitas mendongeng bagi anak-anak yang terimbas bencana meletusnya gunung Kelud. Komunitas Goodreads Indonesia juga mengundang siapapun untuk ikut berpartisipasi dengan membagikan cerita, serta twit pic mereka di @bacaituseru.

 

Naomi Jayalaksana
Foto: Goodreads Indonesia



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?