Food Trend
Makassar Tak Hanya Juku

1 Jan 2013

Pekatnya kaldu coto dan segarnya ikan bakar yang tak perlu banyak bantuan bumbu, diperbincangkan mereka yang terpikat kuliner Makassar. Kemanapun Anda pergi di sudut kota Makassar, makanan memang berlimpah. Sama halnya dengan Palembang, dimana rumah makan yang enak mudah sekali ditemui. Segala ini, membuatnya menjadi salah satu destinasi kuliner Indonesia, dan menghipnotis banyak orang untuk rela terbang untuk bisa menikmati jajanan di kota asal.
   
Makassar punya alasan untuk memiliki koleksi masakan hebat. Layaknya peran daerah pesisir Jawa, Makassar juga semula pusat perdagangan, dan dominan di wilayah Indonesia Timur. Kultur Jawa dan Tionghoa melebur bersama suku-suku pelaut lokal seperti Bugis, Toraja, Mandar, dan Buton. Khazanah masakannya pun terbentuk. Lauk Makassar lantas sarat rempah, kaya akan hidangan laut, dan punya banyak masakan yang sebenarnya lahir dari keluarga berumpun Cina, seperti Mie Titi Makassar hingga otak-otak.
   
Di antara banyak masakan lokal, femina bercerita beberapanya yang populer. Yuk, jadwalkan tiket untuk berwisata kuliner ke sana!

Coto

Terkenal hingga ke luar Makassar. Kuahnya kental, dari ramuan bumbu rempah beraroma tajam, antara lain ketumbar, jintan, lengkuas, dan kacang tanah goreng yang dihaluskan. Jeroan sapi (hati, paru, usus, babat, lidah) dan daging sapi menjadi protein yang dimasak lama hingga benar-benar lembut dan tidak anyir. Ditemui pula versi daging kerbau, dan coto daging kuda yang dimasak dalam kuah yang mirip (minus kacang tanah dan gula aren), khas Kabupaten Jeneponto. Temani coto bersama buras atau ketupat, dan jangan lupa beri  kucuran air jeruk nipis.

Coba di sini: Coto Nusantara, Aroma Coto Gagak, Coto Paraikatte

Pallu Basa

Kuahnya mirip tampilan empal gentong. Kuah santan berempah ini ‘ditebalkan’ dengan kelapa sangrai. Minyak pada kelapa menghasilkan rasa gurih yang  luar biasa pada lauk berteman nasi ini. Jeroan dan daging sapi menjadi pilihan proteinnya. Elemen pengental kuah yang lain –selain saratnya rempah-- adalah kuning telur yang diaduk mendadak dan bisa dijadikan sebagai pilihan (tidak mutlak dipakai).

Coba di sini: Daeng Udin, Pallu Bassa Onta, Pallu Basa Serigala (H. Haeruddin)

Sup Konro

Sup iga sapi atau kerbau yang direbus dalam kaldu iga itu sendiri, dengan tambahan bumbu seperti ketumbar dan keluak (kaloa dalam dialek lokal). Dagingnya mutlak ngelotok dari daging dan lumat di mulut saking lembutnya. Bumbu kacang dan jeruk nipis menyertai. Ada pula konro bakar, yakni iga sapi yang dibakar, disiram saus kacang, dengan kaldu yang disajikan terpisah.

Coba di sini: Sop Konro Karebosi, RM Konro Bakar Losari, Konro Bakar Kajaolalido

Sup Ubi

Lebih mudah ditemukan di kaki lima ketimbang di restoran. One dish meal ini mirip soto mi. Berisi bihun, potongan singkong goreng, taoge, daging sapi, dan telur rebus. Jeroan menjadi pilihan isi lainnya. Kuahnya dari kaldu ayam yang dimasak dalam gaya soto. Jangan lupa taburi daun seledri dan kucuri air jeruk nipis. Kota Nabire, Papua, juga memiliki sup yang sama. Kota tetangga ini juga biasa menemaninya dengan minuman saraba (air jahe-susu-kuning telur).

Coba di sini: Sop Ubi Datumuseng, RM Lasinrang, RM Kaisar

Pallu Mara

Bagai woku-nya Manado. Inilah lauk berkuah asam-segar yang dimasak bersama bandeng atau cakalang. Kesegaran yang memang pas berteman ikan itu adalah kuah kuning kunyit, air asam jawa, dan tomat merah (dan terkadang belimbing wuluh). Cabai rawit utuh di dalamnya siap digigit langsung di antara suapan kuah asam ini. Mantap! Ada pula pallu mara isi kepala ikan kakap merah, dan pallukaloa yang cenderung lebih gelap karena bercampur keluak. Ditemui pula pallu mara di Papua, yang dimakan bersama papeda (bubur sagu yang elastis bagai lem).

Coba di sini: RM Ulu Juku, Pallu Mara Mapanyukki

Serba Seafoof

Seafood yang dibakar di muka resto menjadi gaya kebanyakan resto Makassar. Makin kuat dikibas,  asap dari tempurung kelapa ini makin berkelana, mengundang penikmat sajian grill. Di luar udang dan cumi, ada beragam ikan, seperti cena, sunu, dan baronang yang dibakar bersama bumbu sesederhana garam. Treatment yang sangat simpel. Untuk rasa ikan segar yang ‘manis’ ini, tersedia ragam sambalnya di meja santap. Ada sambal kecap (cocok untuk ikan goreng), taoco untuk ikan kukus, sambal mangga untuk ikan bakar, dan dabu-dabu. Sambal lainnya adalah parape, yakni kecap dan bawang merah, yang ideal untuk ikan bakar. Semua proporsi ini juga bisa Anda campur dan racik hingga masuk ke selera Anda.

Coba di sini: RM Lae-Lae, RM Ratu Gurih

Otak-otak

Cocolan berupa kacang tanah, taoco,  dan tambahan cuka membedakannya secara signifikan dengan otak-otak tenggiri daerah lain di Indonesia. Sebagaimana petis, cocolannya ini membuat banyak orang suka atau tidak suka sama sekali dengan otak-otak yang khas menjadi oleh-oleh ini.

Coba di sini: Otak-Otak Ibu Elly, RM Lae-Lae, RM Dinar



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?