Food Trend
Makanan Terenak dari Timur Tengah (Bagian I)

11 Feb 2012

Wilayah Timur Tengah mencakup beberapa negara di Asia Barat dan Afrika Utara. Areanya juga berbatasan dengan kawasan Mediterania di benua Eropa, seperti Yunani. Sebagai zona persimpangan, Timur Tengah telah lama menjadi melting pot, termasuk  urusan bahan makanan dan resep-resep masakan. Oleh karenanya kuliner di kawasan ini  mencakup banyak ragam dan rasa yang unik.

Ramuan rempah yang beragam menjadi ciri khas sekaligus keistimewaannya. Ada kunyit, jintan, dan bawang putih bawaan orang Mongolia atau cengkih, merica, dan all spice powder yang khas dari India. Untuk sayuran, wilayah ini kaya akan tomat, terung, dan okra.

Hummus
Saus cocolan ini populer di Lebanon, Yordania, Israel, dan Palestina, menemani pita bread (roti bulat tipis dengan ‘kantung udara’ di tengahnya). Resepnya sudah ada sejak abad ke-13 M. Diracik dari chickpea dan garbanzo. Keduanya jenis kacang-kacangan yang dihaluskan bersama air jeruk lemon, bawang putih, buah zaitun, dan tahini. Tahini sendiri merupakan bahan populer yang terbuat dari biji wijen dan minyak wijen (atau minyak sayur lain) yang diproses ke dalam bentuk paste.

Tabouleh
Salad khas daerah pegunungan Siria dan Lebanon. Di sekitar tahun 1950-an baru mulai berkembang di wilayah lain seperti Arab dan Irak. Tidak seperti salad lainnya, bahan utama tobouleh terkomposisikan dari bulgur (sejenis gandum), bukan sayur. Tomat, peterseli, dan daun anggur jadi bahan lainnya. Dipungkas dengan dressing minyak zaitun ditemani rempah seperti jintan dan bawang putih bubuk. Disantap langsung atau sebagai isian roti pita.

Baba Ghannouj
Di Lebanon, terhidang sebagai appetizer, sedangkan di Mesir lebih banyak disantap sebagai cocolan roti pita atau khubz (roti tipis dari gandum khas Maroko). Nama lainnya baba ganoush. Mirip dengan hummus, sajian ini terbuat dari terung yang dihaluskan bersama minyak zaitun dan rempah (jintan, jahe, cabai). Aroma asap yang khas selalu muncul sebagai ciri khas, berkat campuran terung yang panggang dalam racikannya.

Baklava
Banyak sumber menyebutkan bahwa kue dari lapis demi lapis phyllo pastry (pastry tipis) ini aslinya dari Turki. Dessert manis ini melimpah dengan isi gula, madu, kayumanis, dan kacang almond. Kian manis, karena disiram madu atau air mawar-sirop jeruk. Pertama kali disajikan di kerajaan Topkapi, Turki, sebagai favorit Raja (sekitar abad ke-13 M). Di tahun 1500 M, mulai dikenalkan pada masyarakat luas terutama di sekitar Arab hingga ke Yunani.

Moussaka
Sajian sepinggan, mirip skotel, berisi terung, tomat, dan daging kambing cincang yang dipanggang bersama dalam pinggan tahan panas. Paling terkenal di Turki. Secara klasik, pinggannya dikelilingi dengan kulit terung. Saking populernya, di Yunani, Tselementes, chef Yunani terkenal di tahun 1920-an, meracik sajian ini dalam versi yang menggunakan saus béchamel (saus putih khas Prancis) sebagai ‘pengikatnya’. (f)

Ketahui 5 makanan terenak lain dari Timur Tengah di sini.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?