Food Trend
Macam-Macam Foei Gras

5 Feb 2012

Foie gras diperoleh dari hati angsa (goose liver) dan hati bebek (duck liver). Foie gras dari hati angsa bisa mencapai berat 700-900 g, padahal berat normalnya hanya 85-170 g. Sebuah rekor bahkan mencatat berat foie gras hati angsa yang mencapai 2 kg! Hati bebek sedikit lebih ringan, yakni ‘hanya’ 300-400 g, di mana berat normal  hanya 60-115 g. Kandungan lemak yang lebih rendah otomatis membuat kelunakan,  tingkat gurih, dan creamy-nya di bawah hati angsa. Ini foie gras yang dijual siap pakai:

1. Foie gras entier, cru: Foie gras segar dan utuh (whole), siap olah. Sudah disiangi, yakni pembuluh darah sudah dibuang dahulu. Garami dan beri merica, lalu matangkan dengan sedikit minyak zaitun. Sertai roti gandum (karena punya cita rasa asam yang cocok dengan foie gras) dan wine. Masih sulit ditemui di pasaran lokal.

2. Foie gras mi-cuit: Setengah matang (mi cuit = setengah matang).  Di supermarket premium, jenis foie gras ini dijual dalam bentuk utuh atau irisan dengan berat 100 g. Populer di resto karena praktis bagi chef.

3. Foie gras entire: Sama seperti foie gras mi-cuit, namun telah dibumbui (garam, merica, dan cognac).

4. Bloc de foie gras avec morceaux: Dikenal juga sebagai pâté. Terbuat dari campuran hati angsa atau hati bebek cincang dan ditambahkan bumbu-bumbu. Di supermarket premium dijual dalam kemasan botol beling ukuran kecil. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?