Trending Topic
Literasi Keuangan Perempuan Indonesia

13 Nov 2014


Commonwealth Bank Australia (CBA) Group, memperkenalkan kegiatan edukasi Women Investment Series (WISE). Gerakan sadar keuangan dari perempuan, untuk perempuan, yang akan menjadi wadah komunitas untuk bertukar informasi dan pengetahuan seputar keuangan dalam kehidupan pribadi, keluarga dan bisnis. Hal ini dinilai penting sebab peran perempuan dalam kemajuan perekonomian secara global cukup signifikan. Berdasarkan data Access to Trade and Growth of Women’s SMEs in APEC Developing Economies: Evaluating the Business Environment in Indonesia 2013 , diketahui bahwa 1/3 pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Lalu perempuan memegang peran penting dalam berbagai keputusan keuangan baik rumah tangga maupun bisnis, contohnya 51% keuangan keluarga dilakukan oleh perempuan, 33% usaha kecil di Indonesia dimiliki oleh perempuan dan tingkat penggunaan produk dan jasa keuangan perbankan mencapai 57%.

Namun demikian, hal tersebut di atas tidak selaras dengan tingkat pemahaman keuangan perempuan. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, saat ini tingkat literasi keuangan perempuan Indonesia relatif rendah pada angka 19% jika dibandingkan dengan pria, yaitu sebesar 25%. Oleh karena itu, program edukasi WISE akan dirancang secara khusus bagi perempuan dan memilki sasaran terukur yang akan dipantau secara berkesinambungan. Program ini akan menyasar berbagai profesi perempuan baik itu professional, ibu rumah tangga, pemilik usaha dan lainnya.

Selain dari program edukasi, gerakan WISE didukung oleh Advisory Board (Dewan Penasehat) yang terdiri dari perempuan profesional sukses Indonesia yang akan berpartisipasi aktif dalam pengembangan program WISE.

“WISE merupakan wujud dari komitmen kami dalam mendukung program nasional yang diprakarsai oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan di Indonesia berikut mencapai kesejahteraan finansial mereka. Kami juga senang sekali gerakan WISE mendapatkan dukungan dari Commonwealth Life Indonesia dan First State Investment, yang juga merupakan bagian dari unit usaha CBA Group di Indonesia,” jelas Tony Costa, Presiden Direktur, Commonwealth Bank Indonesia. (Woro Hartari Trianti)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?