Health & Diet
Liburan Halal

24 Nov 2012


Berkunjung ke negara nonmuslim, seperti Eropa, Amerika, atau Asia bisa bikin liburan Anda jadi ribet. Masalahnya, apalagi kalau bukan kesulitan menemukan makanan halal. Sebelum mood Anda turun, coba solusi berikut: 

  1. Berselancar dulu di dunia maya. Kalau sudah tahu tempat yang dituju, jangan malas cari info resto atau kedai makanan halal di sana. Situs wikipedia dan forum Lonely Planet bisa jadi tempat mencari rujukan.
  2. Bawa bekal atau masak sendiri. Jika kunjungan Anda tak terlalu lama dan tas Anda cukup besar, rasanya ini cara paling mudan dan aman. Bila kunjungan Anda lama dan tempat yang Anda tinggali ada dapur, mengapa tak belanja bahan dan masak sendiri?
  3. Jadi vegetarian. Meski sesungguhnya bukan penganut ini, sesekali tak ada salahnya. Kalau bebas dari bahan hewani, otomatis bebas juga dari hewan-hewan yang tidak halal ‘kan?
  4. Cari restoran timur tengah, India, atau Israel. Resto khas makanan negara-negara Timur Tengah seperti Pakistan dan Lebanon, yang notabene adalah negara berpenduduk mayoritas muslim, dijamin bebas dari kandungan babi dan anjing.
  5. Cari lokasi masjid. Biasanya resto makanan halal ada di dekat masjid. Jadi, cari posisi masjid di kota yang Anda kunjungi.
  6. Pilih hidangan sari laut. Ikan, kerang, cumi-cumi, atau udang yang direbus bisa Anda konsumsi tanpa ragu jika Anda tak menambahkan minyak atau lemak yang bisa saja terbuat dari babi.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?