Food Trend
Lebih Efisien Di Dapur

23 Jan 2015


Mengupas, memotong dan mencincang tak bisa dihindari saat memasak.Pekerjaan persiapan ini seringkali menghabiskan lebih banyak waktu dari memasaknya sendiri.Sempurnakan repertoir dapur Anda dengan teknik dan tip praktis yang dicontek dari para Chef Cina dan Jepang maupun dari Barat. Kerja di dapur lebih menyenangkan karena masakan lebih cepat siap.

1. Perlengkapan

Serbet

Sebelum mulai, siapkan 2 lembar serbet kain.Basahi salah satu serbet lalu peras kering, satunya lagi dibiarkan kering.Serbet basah dipakai untuk mengelap noda-noda di talenan, pisau atau tangan yang kotor.Serbet kering dipakai untuk membersihkan permukaan yang kering.Cempal untuk mengangkat panci yang panas. Anda tak perlu mondar-mandir ke sink.Cuci talenan dan pisau setelah selesai memasak.

Talenan

Talenan ukuran sedang sampai besar mempermudah pekerjaan memotong dan mencincang.Pilih talenan yang stabil agar jari tangan tidak terpotong pisau yang meleset.

Pisau

Miliki sedikitnya 2 buah pisau, satu pisau  serba guna yang tajam dan cukup besar untuk efisiensi potong-memotong  dan cincang-mencincang, satu lagi pisau kecil. Tak perlu pisau chef, yang penting pisaunya tajam, memenuhi kebutuhan Anda dan nyaman dipegang.Pisau kecil, disebut paring knife, melancarkan pekerjaan kupas-mengupas.
             
Pisau bergerigi

Lebih bagus lagi kalau ada pisau bergerigi untuk memotong tomat, terung, 
ataupun bawang bombay dan bahan makanan lain yang licin kulitnya.
Pisau ini sangat efisien membuat potongan yang tipis dan rapi.

2. Mengupas

Tidak semua sayuran dan bumbu perlu dikupas.

Peeler

Untuk mengupas mentimun, wortel ataupun kentang biasakan memakai peeler. Kelapa pun lebih mudah dikupas dengan peeler.Selain lebih cepat, hasil kupasannya lebih rapi dan rata.Beli peeler yang bagus kualitasnya.

Wortel

Wortel tidak perlu dikupas, cukup dikerok kulitnya dengan pinggiran
atau sabut besi yang dipakai khusus untuk sayuran. Antioksidan yang 
berada di permukaan akan terpakai semaksimal mungkin.

Bumbu Rimpang

Bumbu jenis rimpang yang berkulit tipis seperti jahe, kunyit, kencur cukup dicuci bersih dan dikerok bagian-bagian kulitnya yang kotor. Saat dimasak aromanya akan lebih wangi.

Membuang biji cabai

Cara mudah membuang biji cabai, belah dua cabai hijau atau cabai merah, kerok isinya dengan ujung sendok.

3. Menggoreng

Ikan renyah yang moist

Ingin ikan yang kering kulitnya tapi moist dagingnya, trik para chef, taburi ikan dengan tepung terigu sebelum digoreng.Pegang ikan pada ekornya, angkat tinggi dan kibas-kibaskan untuk membuang tepung yang berlebih. Setelah itu, goreng pada suhu 180°C sampai kuning kecokelatan dan kering kulitnya.

Tes sumpit

Menurut para chef, menggoreng sebaiknya dilakukan dalam minyak  bersuhu 180°C.Bagaimana cara tahunya?Ada cara sederhana tapi cukup jitu yang bisa dicontek dari para chef Cina. Celupkan ujung sumpit kayu atau bambu ke dalam minyak sampai menyentuh dasar wajan. Jika muncul gelembung udara pada sumpit, tanda suhu minyak 180°C. Jika  lama baru muncul gelembung udara, berarti minyak belum cukup panas.

Memberi balutan tepung

Menepungi ikan atau daging ini bisa dilakukan dengan saringan teh. Selain menghemat tepung, juga lebih rata.

Menggoreng lapisan adonan tepung

Untuk menggoreng udang, potongan seafood atau ayam yang dicelup ke dalam adonan tepung, gunakan minyak bersuhu 170° C agar adonan tidak lepas karena terlalu cepat matang.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?