Health & Diet
Khasiat Brokoli

12 Feb 2012

Sayuran yang paling dibenci mantan Presiden AS, George Bush, ini justru salah satu jenis makanan yang paling banyak gunanya bagi otak. Penelitian Ching Hua University, Beijing, menyatakan, kandungan magnesium yang tinggi dalam brokoli dapat membantu meningkatkan daya ingat. Bukan hanya itu, peneliti dari King College, London, juga menemukan adanya senyawa glukosinolat yang bisa membantu menghambat proses penurunan kemampuan mengingat.

Brokoli disebut juga dapat mencegah sekaligus menjadi terapi yang efektif bagi para penderita alzheimer. Penjelasannya begini. Pada penderita alzheimer, aktivitas salah satu jenis zat kimia penghantar rangsangan saraf yang bernama asetilkolin terhambat oleh adanya enzim asetilkolinesterase. Penghambatan kerja asetilkolin oleh enzim ini bisa menimbulkan kerusakan sel-sel otak, hilangnya ingatan, serta menurunnya kemampuan berpikir seseorang.
 
Nah, penelitian yang dilakukan Royal Pharmaceutical Society di Inggris membuktikan bahwa di antara jenis sayuran lainnya, brokoli memiliki sifat anti-asetilkolinesterase yang paling kuat. Kemampuan brokoli menghambat kerusakan saraf otak yang diakibatkan oleh enzim asetilkolinesterase ini bahkan amat mirip dengan khasiat obat-obatan yang diberikan kepada penderita alzheimer. Dengan catatan, brokoli tidak dimasak terlalu lama, sehingga zat-zat gizi di dalamnya masih utuh. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?