Health & Diet
Kenali Air Minum

28 Feb 2014


Beragam air minum dalam kemasan di pasaran memanjakan masyarakat. Yang mana yang tepat untuk Anda?

Dokter Carmelita Ridwan, Sp.GK dari Klinik Primavita mengatakan, bahwa tidak semua air minum dalam kemasan yang dijual di pasaran dapat menunjang gaya hidup sehat. “Begitu pentingnya air bagi tubuh, maka yang paling utama diperhatikan adalah kebersihan dan zat yang terkandung di dalam air minum,” ungkap Carmelita. Dan bagi Anda yang memperhatikan berat badan, bila mengonsumsi air selain air putih, maka Anda harus ekstra perhatian pada kalori yang terkandung di dalam air mimum tersebut.

Berikut jenis beberapa air minum yang bisa Anda konsumsi. 

Air Beroksigen


Air ini merupakan air yang diolah dengan alat tertentu, dengan menambah kadar oksigen yang kadarnya lebih tinggi dari pada air biasa. Oksigen berfungsi mendukung sel-sel tubuh sehingga bekerja secara maksimal.
Walau memiliki kandungan O2 lebih tinggi, air ini belum tentu memberi manfaat yang besar bagi tubuh. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan Hampson N.B. (2003) terhadap sejumlah atlit yang mengonsumsi air beroksigen tersebut. Ternyata, hasilnya menunjukkan tidak adanya perubahan signifikan dalam performa mereka.
Namun, jika air beroksigen ini jadi pilihan Anda, konsumsilah sesegera mungkin setelah penutup kemasan dibuka. Apabila tidak, maka kadar O2 di dalamnya akan hilang. Jika tidak begitu berguna untuk Anda, rasanya air beroksigen tak perlu dikomsumsi tiap hari.

Vitamin Water
Zat-zat sintetik seperti vitamin c, vitamin b, dan vitamin lainnya, merupakan zat yang ditambahkan dalam Vitamin Water. Kandungan vitamin di dalam air ini dapat memberikan tambahan asupan vitamin bagi tubuh Anda. Namun, bukan berarti bisa menggantikan fungsi sayur dan buah. Karena bagaimanapun, sayur dan buah adalah  sumber asupan gizi yang paling baik.
Karena mengandung pewarna, air bervitamin ini kurang cocok jika dikonsumsi setiap hari. Selain itu, gula atau pemanis buatannya, membuat kalori dalam air ini cukup tinggi.

Air elektrolit

Air yang dikenal dengan nama sports drink ini, cocok bagi Anda penyuka olahraga atau yang biasa bekerja di bawah cuaca panas yang memicu banyak hilangnya cairan tubuh. Air ini mampu menggantikan cairan tubuh yang keluar berlebihan, karena air elektrolit ini mengandung karbohidrat, natrium atau sodium, kalium, kalsium, dan magnesium.
Bila kandungannya sesuai seperti yang dianjurkan oleh American College of Sports and Medicine maka air ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Di mana kandungan karbohidratnya berkisar antara 4-8% (4-8 gr/100 ml) dan 23 – 69 mg/100 ml (10 – 30 mmol/L) sodium atau natrium. Bila tak dibutuhkan secara khusus, air ini tidak perlu dikonsumsi berlebihan. Sebab 300 ml air elektrolit mengandung karbohidrat berkisar antara 50-100 kalori, yang jika tidak dibutuhkan tubuh, akan diolah menjadi glukosa atau gula, yang nantinya akan menyebabkan penambahan berat badan. 

Infused Water/Spa Water

Infused Water adalah air hasil rendaman buah, dedaunan herbal, atau rempah. Salah satu contoh sederhana infused water yaitu teh. Cara pembuatan air ini cukup mudah, karena menggunakan bahan-bahan alami. Jika menggunakan buah-buahan, potong buah tipis-tipis atau kecil-kecil agar lebih mudah larut dalam air. Setelah direndam berkisar 30 menit, infused water siap dikonsumsi.
Walau nutrisi yang larut di dalamnya tidak banyak, air ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kurang suka air putih, sehingga mampu memenuhi kebutuhan air yang sangat berguna bagi tubuh. Bila disimpan di dalam kulkas, air ini mampu bertahan dan aman dikonsumsi hingga 3 hari.

Sparkling Water
Air ini adalah air yang di dalamnya telah dilarutkan gas karbon dioksida (CO2) dengan suhu dan tekanan tertentu. Sebelum mengonsumsi air ini, sebaiknya Anda memperhatikan zat yang terkandung di dalamnya.
Unsur gizi yang terkandung di dalamnya tidak alami, karena pembuatannya melalui proses pabrik. Sama seperti Vitamin Water, air ini juga mengandung pemanis atau gula.
Sparkling Water atau Soda Water biasanya lebih sering digunakan sebagai campuran jus atau cocktail buah untuk menambah sensasi rasa. Jadi, air jenis ini tidak bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Meski begitu, air ini memiliki fungsi utama yaitu, meringankan gejala dyspepsia seperti kembung. Air ini juga lebih baik tidak dikonsumsi berlebihan, sebab dapat merusak enamel gigi.

Air Kangen (Miracle Water)
Istilah kangen berasal dari Jepang yang berarti kembali ke asal. Air kangen dibuat secara sintetik menggunakan alat khusus yang alatnya dapat Anda dapatkan di pasaran. Proses pembuatannya yaitu dengan cara mengaliri air biasa ke dalam mesin filtrasi khusus yang mampu mengionisasi dan mengubah pH (tingkat keasaman) air menjadi lebih basa (PH 8,5–11).
Air yang bersifat basa dan air yang tereduksi mampu mengurangi kerusakan DNA, menjadi anti diabetes dan anti cancer. Air ini juga dapat menjadi alternatif bagi Anda sebagai pelengkap gaya hidup sehat untuk mencapai kesehatan yang sempurna.

DESIYUSMAN MENDROFA





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?