Celebrity
Kamidia Radisti - Tidak Suka Diet

3 May 2014

“Saya bukan pelaku diet ketat,” kata Kamidia Radisti (30), tersenyum. Finalis Wajah Femina 2006 ini mengaku bahwa pola makan sehatnya telah terbangun sejak masih kecil. Sehingga kenal seberapa besar porsi makan yang cukup untuk tubuhnya. Ia juga tak menghindari daging. Bahkan ia mengaku sebagai penyuka hidangan daging.

“Karena tubuh saya yang kecil, selama menjadi atlet dulu saya disuruh lebih banyak makan daging daripada sayur. Akhirnya terbawa hingga kini. Yang penting konsumsinya tidak berlebihan,” ungkap penggemar jus ini.

Membangun pola sehat sejak kecil sangat dirasakan manfaatnya oleh Disti. Itu sebabnya, ia pun mulai menanamkan hal serupa pada kedua buah hatinya, Kaira (2) dan Raika (1). Misalnya, dengan memberikan asupan makanan yang sesuai dengan usianya. Untuk mereka, Disti memperkenalkan buah dan sayuran.

“Kalau untuk merebus sayuran atau membuatkan jus, biasanya saya kerjakan sendiri,” katanya. Ia juga tidak membiasakan kedua anaknya mengonsumsi makanan cepat saji atau  minuman kemasan, karena belum layak dikonsumsi anak seumuran mereka.

Apa yang Disti terapkan kepada anak-anaknya didukung penuh sang suami. “Mungkin suami melihat juga efeknya buat saya yang jarang sakit dan jarang minum obat. Jadi, ia tidak keberatan kalau saya terlalu pilih-pilih makanan anak,” katanya, tersenyum.

Selain itu, dengan memahami kondisi tubuhnya, Disti juga bisa tahu kapan tubuhnya sedang tidak berstamina. Kalau sudah begitu, biasanya Disti butuh bantuan multivitamin B, D, dan C. Khusus untuk vitamin C, ia sangat memperhatikan dosisnya karena ia memiliki masalah dengan hormon tubuhnya yang tidak bisa mengonsumsi vitamin C terlalu banyak. “Kalau kelebihan vitamin C, justru jadi gampang seriawan,” katanya.

Disti juga mengaku tak terbiasa jajan. Tapi, kalau sesekali ingin batagor atau mi instan, ia pun membiarkan dirinya menikmati makanan tersebut. “Kalau lagi ingin makanan yang tak sehat, ya, tidak apa-apa, toh, sekali-sekali. Asal kita sadar saja saat mengonsumsinya dan tidak berlebihan,” jelas pengajar di TALKinc ini.

Menurutnya, selama kita memperlakukan tubuh dengan baik, maka akan terbawa pula hingga ke dalam pikiran untuk mengenali tubuh. “Jadi, ketika tubuh memberikan sinyal, kita jadi lebih aware. Perlakukan tubuh seperti bukan sesuatu yang terpisah dengan diri Anda,” jelasnya.

Baru-baru ini, selain menjadi presenter acara sport, Disti juga tengah sibuk menjadi presenter untuk acara baru berjudul Di Balik Layar. Acara yang membahas tentang masalah politik dan budaya ini menjadi tantangan sendiri bagi Disti. Karena, selain menjadi presenter, ia juga harus turun lapangan untuk menjadi reporter investigasi. “Cukup menyita waktu, sih, tapi saya senang karena jadi tantangan baru,” katanya.


Faunda Liswijayanti
Foto: Dok. Femina



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?