Health & Diet
Kaldu Instan, Aman?

2 Jan 2012

Menggunakan kaldu instan memang praktis. Cukup dengan mendidihkan air dan kaldu instan tinggal dicemplungkan. Tidak sampai 10 menit, kaldu sudah tersedia. Tak heran jika banyak ibu rumah tangga yang gemar menggunakan kaldu instan ini untuk memasak.

Sebenarnya, bahan dasar dari kaldu instan adalah daging sapi, daging ayam, atau seafood yang diproses layaknya membuat kaldu murni dan kemudian dikeringkan melalui proses drum drying atau spray drying hingga berbentuk bubuk. Sebelum dikemas, kaldu bubuk ini diberi tambahan pati dan zat antikempal (agar kaldu tidak menggumpal).

Ada beberapa produsen yang  menambahkan sedikit MSG dan garam agar produknya makin gurih. Efek MSG dari kaldu instan juga tidak perlu dikhawatirkan. Sedikit kandungan MSG tidak akan membahayakan kesehatan selama digunakan dalam skala yang bijaksana. Jika terlalu banyak, cita rasa masakan menjadi gurih yang berlebihan. Yang perlu diwaspadai justru kandungan garam yang ada dalam kaldu instan. Garam ini dimasukkan ke dalam kaldu instan untuk membuat kaldu lebih awet, sedap, tetap kering, dan tidak menggumpal. Jika terlalu banyak, garam bisa menyebabkan penyakit darah tinggi. (f)



 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.