Health & Diet
Jangan memicunya

18 Sep 2012


Jika sudah terserang, penyakit akibat kelainan pembuluh darah sulit diobati. Karena itu, lebih baik cegah dengan menghindari beberapa pemicunya.

Makanan berkolesterol tinggi
Jika kolesterol dalam darah tinggi, metabolisme akan terganggu. Hati jadi tidak bisa mencerna dengan baik sehingga menimbulkan penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Penumpukan itu dapat memicu penyempitan pembuluh darah.

Hipertensi
Tekanan darah yang tinggi membuat pembuluh darah mudah cedera sehingga pembuluh darah menjadi radang.

Merokok
Dalam rokok terkandung ribuan komponen yang bersifat toksik yang dapat memicu cedera pada pembuluh darah. Selain itu, kandungan rokok juga mudah membuat darah menggumpal.

Stres
Akibat stres, adrenalin meningkat. Begitu juga dengan tekanan darah. Alhasil, dinding dalam pembuluh darah mudah cedera. Karena tekanan darah naik, pembuluh darah pun mengalami kram, sehingga lapisan ototnya berkontraksi, yang menyebabkan lubang pembuluh darah mengalami penyempitan.

Malas olahraga
Jika sering olahraga, pembuluh darah lebih lentur dan mudah beradaptasi. Tekanan darah pun relatif lebih stabil.

Obesitas
Obesitas menyebabkan permukaan tubuh makin luas. Hal itu menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras. Lama-kelamaan jantung menjadi bengkak dan pembuluh darah mudah mengalami penyempitan akibat kelebihan lemak.

Polusi udara
Kekentalan darah juga menjadi salah satu pemicu kelainan pembuluh darah. Disinyalir, darah mudah menggumpal akibat polusi udara. Sebab, oksigen yang kita isap menjadi lebih sedikit. Akibatnya, badan beradaptasi dengan memperbanyak hemoglobin. Jika hemoglobin terlalu tinggi, darah menjadi mudah menggumpal.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?