Health & Diet
Jangan Asal Jus!

2 Nov 2011

Penting! 5 fakta tentang jus yang perlu Anda ketahui:

1. Dicari: minuman sehat & praktis
Secara alami, buah terlindungi oleh lapisan kulit, sehingga tidak ada oksigen yang masuk dan tidak ada sinar ultraviolet yang bisa menghancurkan vitamin dan antioksidan di dalamnya. Jika buah dihancurkan, oksigen bisa masuk, sehingga vitamin dan antioksidan dalam buah bisa rusak. Karena itu, membuat jusnya harus benar.

2. Pilih yang segar
Jangan lupa memperhatikan kualitas buah dan sayur yang akan dibuat jus. Agar khasiatnya maksimal, gunakan sayur dan buah segar untuk dijus. Buah yang terlalu muda akan menghasilkan rasa asam yang tajam, sedangkan yang terlalu matang, teksturnya terlalu lunak dan aromanya menyengat.

3. Variasi itu penting
Makin banyak variasi buah dan sayur dalam satu gelas jus, manfaatnya akan makin banyak. Misalnya, variasikan jeruk dan apel, atau apel dan anggur. Jeruk kaya vitamin C, apel dan pisang kaya potasium, anggur mengandung antioksidan tinggi, sedangkan avokad memiliki lemak baik.

4. Blender atau juicer?

Keduanya boleh saja. Asal, jangan kupas kulit buah yang mengandung banyak serat itu. Ketika memakai juicer, jangan hanya meminum airnya, tapi santap juga ampasnya agar serat dan vitaminnya tidak terbuang. Atau, gunakan blender. Setelah diproses dalam blender, jangan disaring, agar kita juga mendapat asupan serat yang berguna untuk mengontrol gula.

5. Jangan disimpan lama

Jangan biasakan membawa jus yang dibuat di pagi hari untuk dikonsumsi siang atau sore hari. Karena, paparan oksigen dan ultraviolet yang makin tinggi akan menghancurkan vitamin. Jika ingin disimpan, awetkan jus dengan cara yang benar. Masukkan beberapa es batu dalam blender dan buat jus sedingin mungkin. Temperatur dingin bisa mengawetkan vitamin. Jus yang dimasukkan dalam wadah aluminium, vitaminnya bisa bertahan hingga 4 jam.

Lihat 5 fakta jus lainnya di sini!




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?