Health & Diet
Jangan Asal Beli Sepatu Sport

9 Nov 2011

Sepatu yang tepat akan membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri saat berlatih. Sepatu yang didesain sesuai dengan aktivitas latihan tertentu memang bermaksud menyediakan penyokong, bantalan, maupun pelindung yang diperlukan saat melakukan latihan yang dimaksud.

Menurut Drs. Oman Subandi, Konsultan Fitness dari Pusat Kajian Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, sebetulnya dalam keadaan kepepet Anda bisa saja menggunakan sepatu cross-training untuk latihan aerobik atau sepatu aerobik untuk jalan kaki. “Tapi, sebaiknya tidak membiasakan menggunakan satu sepatu untuk segala latihan. Risiko cedera mungkin tidak seketika terjadi. Tapi bisa saja nantinya bagian kaki, betis, atau paha mengalami gangguan.”

Aturan dasarnya, sepatu terbaik adalah sepatu yang sesuai dengan aktivitas Anda. Sepatu  tersebut juga mesti cocok dengan bentuk dan tentu saja ukuran kaki Anda. Kunjungi toko sepatu tepercaya untuk mendapatkan sepatu yang cocok. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.
 
Catatan Kaki
• Anatomi kaki wanita dan pria sedikit berbeda. Itu sebabnya, produsen sepatu merancang sepatu olahraga untuk pria dan untuk wanita. Ini bukan sekadar soal pemilihan warna, tapi juga disesuaikan dengan anatomi kaki. Kaki wanita biasanya lebih ramping ketimbang kaki pria. Kaki pria biasanya lebih kotak dan lebar.
• Bentuk lengkungan telapak kaki pun berbeda-beda. Beberapa produsen sepatu merancang sepatu khusus untuk mereka yang memiliki lengkungan sangat tinggi (supinated) atau telapak datar (pronated).
• Ukuran dan bentuk kaki bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Makin tua, kaki biasanya melebar dan lengkungannya menurun. Jadi, jangan lupa untuk selalu mencoba sepatu yang akan Anda beli. (f)


 



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?