Food Review
Hu Nan Tu Cai, Manado-nya Masakan Cina

27 Jul 2011

Masakan Cina daerah Hu Nan, Provinsi Guang Dong, mungkin belum seterkenal masakan Kanton atau Sichuan di Indonesia. Kuliner Hu Nan mempunyai ciri khas asin dan berminyak. Namun, di balik kedua ciri khas tersebut, rasa pedas mendominasi, mirip cita rasa Sichuan. Icip-icipnya bisa dijajal di resto Hu Nan Tu Cai, di bilangan Gajah Mada, Jakarta.

“Masakan Hu Nan ibaratnya hidangan Manado-nya Cina karena pedas,” tutur Ahang, pemilik resto yang selalu tampil khas dengan kacamata berbingkai besar dari emas.
Segera, sepiring kepala ikan kakap tim datang. Berbumbu dominasi la kan ma yang berlimpah, ditaburi daun ketumbar. La kan ma rupanya adalah bumbu populer berupa potongan cabai merah atau cabai hijau yang diolah bersama biji tausi hitam. Pada awalnya tidak terlalu pedas, namun  makin lama menetap di lidah, makin muncul rasa pedasnya. Menggelitik dan menjalar di lidah, makin semangat suap demi suapnya.

Ada juga Soun Ubi Kuah Urat Sapi. Suiun bening dan tebal ini berasal dari sari pati ubi impor dari Hu Nan. Masih dengan cabai merah iris dan bawang daun, rasa kaldunya yang pedas dengan bumbu zhe ran (sejenis ketumbar dari Cina)  makin mantap dengan  potongan urat sapi yang mengambang di atasnya. Paduan bahan suun dan urat yang bertekstur lembut dan kenyal, paling pas diseruput panas-panas hingga tetes terakhir.

Ingin meredam pedas? Coba Caipo Dadar Telur. Irisan caipo (lobak yang diawetkan) terasa manis dan crunchy. Hadir kontras di antara lembutnya telur dadar. Rasa caipo  makin terangkat saat dinikmati bersama semangkuk bubur panas atau nasi pulen hangat. (CW)

Lokasi: Apartemen Mediterania Gajah Mada TU.C.08, Jakarta. Telp: (021) 63875480. Harga*): makanan Rp5.000 – Rp120.000, minuman Rp2.000-36.000. Jam buka: Setiap hari, 24 jam. Suasana: Rumah makan gaya pecinan (pernik lampion merah, menu tulisan Mandarin di dinding).

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.






 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?