Trending Topic
Harta Terpendam Dalam Sampah Anda!

8 May 2012

Sampah bisa jadi uang. Rupanya Anda tinggal menelepon perusahaan bernama Mittran, yang bergerak jauh lebih canggih dari sekedar pemulung. Perusahaan hijau yang telah bergandengan dalam ragam CSR dengan British Council, USAid, Unilever, dan Pertamina ini tak henti-henti mencari jalur kerjasama dengan pabrik besar yang butuh material tertentu untuk didaur ulang. Berkatnya, tiap jenis sampah Anda punya koneksinya masing-masing. “Sampah itu bisa jadi komoditi, sehingga enggak ada lagi sampah yang terbakar percuma!”, jelas Hidayat sang penggagas.

Mittran menggandeng mereka yang antusias mengolah sampahnya di wilayah masing-masing. Pemda, developer cluster mewah, hingga perorangan seperti wanita urban dan suburban komit ikut belajar seluk beluk pemilahan kategori sampah (kaca, plastik, kertas,dll), membuat kompos alami, hingga mendirikan drop point sampah di area perwakilan.

 “Yang punya pembantu pun harus mendidik mereka untuk mensortir sampah, karena setiap jenisnya punya value yang saling berbeda. Untuk setiap sampah yang disetor ke drop point, akan dibayar saat itu juga oleh pengurus. Praktis!” jelas godfather sampah itu. Ia juga terima donasi sampah di drop point. Unik!

Lalu, kemana lakunya sampah makanan? Tim yang bagai 911-nya sampah ini bisa datang ke halaman Anda dan membor 3 lubang sebagai lubang persemaian kompos, dan membagikan bakteri kompos. Jika sudah ‘matang’, kompos siap dimanfatkan untuk menanam sayuran, layaknya basecamp Mittran yang dipenuhi daun wangi lavender dari kompos buatan sendiri. Malas bertanam? Tinggal telpon dan kompos Anda siap dibeli mereka! (belajar kelola sampah rumah tangga di www.solusisampah.com) (f)

Untuk mengetahui cara lain dalam mengolah sampah klik di sini


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?