Shopping List
Generasi Baru Selai dari Jepang

22 Dec 2015

Di tengah kesibukan yang padat, konsumsi roti disertai selai atau custard kerap menjadi pilihan. Tak mengherankan, bila variasinya kian berwarna. Salah satunya, generasi baru untuk produk selai, spread (olesan), hingga custard produksi Sonton, merek ternama asal Jepang. Sonton dari Sonton Holdings Co Ltd, bekerja sama dengan perusahaan asal Indonesia, PT.Mahadana Dasha Utama (MahaDasha), menjadi PT Sonton Food Indonesia (SFI) dengan tiga produk utamanya berupa selai, spread, dan custard.

Di Jepang sendiri, Sonton Holdings terkenal sebagai produsen selai sejak tahun 1942. Kini, Sonton ingin melebarkan sayap ke Indonesia. Untuk produksinya di sini, SFI telah meluncurkan pabrik seluas 30.136 m2 di Cikarang, Bekasi. “Rencananya, pabrik ini akan beroperasi mulai trimester awal 2016 dengan kapasitas produksi 7.000 ton produk per tahun,” jelas Edy Jeo, GM Sales & Marketing SFI, kepada femina saat Media Factory Visit, beberapa waktu lalu.

Sebagai langkah awal, SFI berkonsep B2B (business to business) sehingga hanya memproduksi berdasarkan pemesanan dari produsen makanan seperti produsen roti, biskuit, es krim, dan confectionary lain, dengan ukuran produk 1 kg dan 5 kg. “Namun, bukan tidak mungkin bila ke depannya kami akan berkembang menjadi B2C (business to consumer),” papar Nobufumi Ohuchi, Presiden Direktur SFI.

Kualitas produk Sonton terjaga secara maksimal, sebab menggunakan peralatan dan standar produksi langsung dari Jepang. Di samping itu, produk dijamin tidak akan terkena udara dan sentuhan tangan, karena semua dilakukan secara otomatis oleh mesin. “Kami juga tak segan mendatangkan ahli dari Jepang atau menerbangkan karyawan Indonesia untuk training di Jepang, seperti yang kami lakukan pada karyawan di bagian R&D atau Quality Control,” sambung Ohuchi.    

Produk Sonton akan tetap stabil dalam bentuk aslinya ketika dipanggang dan dibekukan (baked stable & stable for frozen). Selain itu, produk ini juga menggunakan buah, cokelat, matcha, hingga kacang yang royal (± 25% dari total isi). Ada pula varian selai unik yang mengandung cornflakes sehingga teksturnya menjadi crunchy saat dinikmati. “Pengolahan produk di SFI juga selalu dicek dan diteliti. Selai yang akan diproduksi dan setelah diproduksi akan selalu dicek kebersihannya," tutup Edy Jeo. (f)

Berlianti Savitri




 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.