Health & Diet
Duh,Pegal!

21 Aug 2014


Sering merasakan nyeri di pinggang sebelah kiri bagian belakang apabila berdiri lebih dari 30 menit? Sebenarnya adakah efek fatal bila berdiri terlalu lama?

Menurut Prof. Dr. dr. Purwantyastuti M.SC.SpFK, nyeri di pinggang dapat disebabkan banyak hal. Mungkin karena otot yang harus bekerja ekstra keras karena kebiasaan posisi berdiri yang tidak benar, sehingga beban tubuh bertumpu lebih banyak pada otot-otot sebelah kiri.

Atau mungkin karena Anda mengenakan sepatu hak tinggi saat beraktivitas. Saat mengenakan sepatu hak tinggi, maka pusat berat tubuh jatuh di titik yang bukan sebenarnya, sehingga rawan nyeri otot daerah punggung dan pinggang. Bila kebiasaan ini diteruskan, maka dapat terjadi kelainan lekukan tulang belakang dan keluhan pegal yang menetap.

Kemungkinan lain adalah ginjal yang bengkak dan menimbulkan rasa sakit yang tumpul di pinggang atau lebih tepat di atas pinggang kiri. Untuk mendeteksinya, biasanya dokter melakukan cara dengan mengetok di bagian ginjal menggunakan tangan yang dialasi tangan satunya.(f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?