Health & Diet
Duh Gatal!

28 Oct 2012


Tanya:
Sudah dua bulan ini saya menderita batuk kering. Tenggorokan terasa sangat gatal. Saya sudah coba  minum obat batuk, namun efeknya hanya sebentar. Yang paling menyebalkan, jika batuk tersebut kumat pada saat sedang bekerja atau menjelang tidur di malam hari. Bagaimana solusinya?

Jawab:
Batuk kering disertai rasa gatal di tenggorokan biasanya disebabkan alergi. Bisa karena makanan, udara dingin, atau udara yang terlalu kering. Sebagai langkah awal, periksakan diri ke dokter untuk memastikan ada tidaknya radang. Jika terdapat radang, Anda dapat segera mendapatkan pengobatan tepat. Namun, bila tak ada radang, Anda harus mencari pemicu rasa gatal, kemudian hindarilah hal-hal tersebut.

Selain itu, ruangan ber-AC juga bisa memicu rasa gatal pada tenggorokan. Coba matikan AC ketika tidur, ganti dengan pelembap udara khusus ruangan ber-AC. Atau, letakkan handuk basah di kamar Anda untuk melembapkan udara.

Jangan lupa minta obat alergi berupa antihistamin kepada dokter, untuk mengurangi batuk dan menyembuhkan luka-luka kecil di tenggorokan yang memicu rasa gatal. Sering-seringlah minum air hangat. Berkumur dengan air garam juga bisa dicoba karena garam berperan sebagai antiseptik sederhana.




 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.