Health & Diet
Detak Jantung Tak Beraturan

16 Jul 2012

Sering merasakan detak jantung tidak beraturan? Setelah tes EKG dan treadmill, hasilnya menyatakan ada ventricular extrasystole beberapa kali setelah latihan. Hal ini terjadi karena kadar elektrolit tubuh yang kurang. Tapi, setelah melakukan tes untuk mengecek elektrolit dan thyroid, hasilnya ternyata normal. Apakah Ventricular extrasystole berbahaya?

Ventricular extrasystole adalah kondisi penyimpangan denyut jantung yang pada umumnya tidak berbahaya. Penyimpangan ini banyak dijumpai pada tubuh orang yang sehat. Penyebab extrasystole pada orang sehat masih belum diketahui secara pasti, tetapi tidak selalu berkaitan dengan kadar elektrolit atau stres.

Dalam kondisi Anda saat ini, tidak banyak yang dapat dilakukan, namun juga tidak perlu terlalu merasa cemas. Yang penting, lakukan pengecekan jantung secara teratur setiap 6 bulan sekali. Segeralah periksakan kembali kondisi Anda, apabila jumlah extrasystole tersebut tergolong sering, yaitu lebih dari 1 berbanding 6 (1 extrasystole dalam setiap 6 denyutan jantung). (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?