Money
Deposito Sudah Kuno?

7 Jul 2014

Mungkin Anda penasaran mencoba melakukan investasi yang berisiko tinggi, seperti saham dan reksa dana. Tapi sayangnya, pasangan tidak setuju dan meminta Anda untuk ‘memarkir’ uang dalam deposito saja. Anda pun ragu, di era dengan tawaran jenis investasi modern seperti sekarang, masihkah deposito masih membawa untung?

Kenyataannya, sekarang ini investasi dalam bentuk deposito memang tidak terlalu populer. "Bunganya rendah dan tidak bisa melawan inflasi, deposito bukan bentuk investasi jangka panjang yang bagus," ungkap Ligwina Hananto, Perencana Keuangan Independen. Apabila kita  mencairkannya sebelum waktu jatuh tempo, akan dikenakan penalti. Risiko lainnya adalah dana yang tidak bisa dicairkan apabila bank mengalami masalah. Kemungkinan ini sangat kecil.

"Biar bagaimanapun, deposito masih berguna dalam perencanaan keuangan, tapi bukan sebagai produk investasi. Deposito bisa dipakai untuk menyimpan dana darurat atau dana jangka pendek lainnya (di bawah 3 tahun)," lanjut Ligwina. Karena tujuannya hanya untuk menyimpan, tentu tidak masalah kalau bunganya rendah.

PSS
Foto: Dok. femina




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?