Health & Diet
Cuci Tangan, Yuk!

26 Mar 2012

Jangan anggap remeh mencuci tangan! “Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dapat mengurangi risiko terinfeksi berbagai macam penyakit akibat bersentuhan dengan bakteri,” ungkap Dr. Budi Haryanto, SKM, MKM, Msc, Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Bahkan, penelitian yang diterbitkan British Medical Journal di tahun 2007 menyebutkan, cuci tangan lebih efektif mencegah flu, dibanding obat atau vaksin. Hasil penelitian WHO juga menunjukkan hasil serupa. Menurut penelitian itu, perilaku cuci tangan pakai sabun mampu mengurangi angka diare hingga 45% dan mampu menurunkan ISPA serta flu burung hingga 50%.

Karena itu, Dr. Budi menyarankan agar selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Gosok bagian telapak, jari-jari tangan, kuku, punggung tangan, serta pergelangan tangan. Selain itu, jangan lupa segera keringkan setelah mencuci tangan, sebab bakteri dapat berkembang biak di tempat yang lembap. Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat merekomendasikan, cuci tangan dilakukan selama 15-20 detik. Cara praktisnya, bacalah alfabet dari A hingga Z selama mencuci tangan. “Saran 20 detik itu untuk menjamin bahwa semua sudut tangan sudah dibersihkan,” ungkap Dr. Budi.

Ia juga menjelaskan, mengganti air dan sabun dengan tisu basah atau hand sanitizer? Menurut Dr. Budi, itu boleh saja. Toh, hand sanitizer mengandung disinfektan, seperti yang ada pada sabun. Namun, ia mengingatkan, jangan menggunakan hand sanitizer atau tisu basah secara asal-asalan. “Kebanyakan orang menggunakannya tidak merata pada tangan. Alhasil, tangan pun tidak bersih sempurna,” kata Dr. Budi.

Djamilah



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?