Tips
Ciri Khas Kulit Sensitif

15 Nov 2013

Merawat jenis kulit yang satu ini memang gampang-gampang susah. Jika salah, bukan tak mungkin kulit menjadi  makin kering, berjerawat, atau timbul masalah baru. Hindari hal tersebut dengan mengenali ciri khasnya dan melakukan perawatan yang tepat.
    
“Kulit sensitif sering dipengaruhi oleh faktor genetis. Lapisan kulit yang paling sensitif terhadap perubahan lingkungan, perawatan kulit, dan produk kosmetik adalah lapisan pelindung kulit (stratum korneum) paling luar  Ciri-ciri yang sering terlihat adalah kulit mudah kering dan mudah terjadi iritasi karena sistem perlindungan kulit  kurang baik terhadap faktor lingkungan dan polusi,” ungkap dr. Eddy Karta, SpKK. Agar lebih jelas, amati kulit wajah Anda baik-baik. Jika mengalami kondisi seperti berikut ini, bisa jadi kulit Anda termasuk sensitif.
  1. Kulit sensitif mudah bereaksi dengan faktor lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, cuaca dingin, dan bahan-bahan kimia yang terdapat pada kosmetik atau perlengkapan mandi.
  2. Kulit sensitif ditandai dengan iritasi, rasa menyengat, gatal, rasa seperti terbakar, dan kencang.
  3. Perhatikan kondisi kulit Anda di siang hari. Bila kulit terlihat bersisik dan sangat kering, kemungkinan besar kulit Anda termasuk jenis kulit sensitif.
  4. Biasanya, noda yang ada pada kulit seperti bekas luka, vlek hitam, atau bekas jerawat sukar dihilangkan.
  5. Kulit   tampak sangat tipis sehingga garis-garis halus pembuluh darah dapat terlihat jelas.
  6. Setelah  membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah dan mengeringkannya dengan handuk, wajah tampak memerah selama beberapa saat. Hal ini karena kulit sensitif sangat peka terhadap tekanan sekecil apa pun.
  7. Sering terkena alergi seperti gatal, vlek, dan jerawat.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?