Money
Cermat Atur Keuangan!

28 Jan 2015

Merasa sudah mengatur keuangan dengan cermat, tetapi masih ada kebocoran di sana-sini? Cek lagi pos-pos pengeluaran Anda, buat tambahan pos pengeluaran termasuk untuk keadaan darurat!

Pentingnya Dana Darurat

Kadang-kadang, kita sudah menyiapkan alokasi anggaran  tiap bulan, tetapi tiba-tiba ada kejadian yang membuat kita harus mengeluarkan dana besar di luar anggaran. Bagaimana mengatasi hal ini? Dalam perencanaan keuangan, kita mengenal istilah dana darurat (emergency fund). Idealnya, bagi Anda yang sudah berkeluarga besarnya sekitar 6 – 12 kali pengeluaran tiap bulan, yang ditempatkan di tabungan atau deposito sehingga mudah diambil sewaktu-waktu. Pada saat terjadi kondisi darurat, maka uang inilah yang digunakan sehingga tidak mengganggu pengeluaran rutin bulanan Anda.

Bujet Perawatan
Jika   menurut Anda ini adalah keharusan, maka perlu dialokasikan bujet untuk perawatan wajah atau untuk pengobatan misalnya. Besarnya bisa hingga 10% dari pendapatan. Pastikan untuk tidak melebihi dana yang sudah dianggarkan.  Cara lain, cari penyebabnya. Kadang-kadang obat hanya untuk mengatasi gejalanya,  bukan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah gaya hidup, maka solusinya akan jauh lebih murah mengubah gaya hidup daripada biaya dokter.

Pengaruh Lingkungan
Lingkungan sekitar dapat berpengaruh besar pada kebiasaan Anda mengeluarkan uang. Misalnya, di  sekitar kantor terdapat kafe yang enak buat hang out, tidak terasa hampir  tiap hari Anda menyempatkan diri mampir sekadar minum kopi. Atau, pengaruh game online yang saat ini sedang marak. Saking serunya, tidak terasa Anda telah menghabiskan uang banyak. Cobalah hindari godaan tersebut dengan menghindari penyebabnya. Atau buatlah jadwal, misal hanya 1 kali seminggu ke kafe, main game maksimal 1 jam saat weekend.


Ficky Yusrini




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?