Tips
Cantik di Usia 30an

27 Nov 2011

Mulai usia 30, tanda-tanda penuaan sudah mulai terjadi. Proses pengelupasan kulit mati mulai melambat, kolagen dan elastin berkurang, serta mulai tampak kantong mata. Selain itu, warna kulit mulai tidak merata, kulit terasa lebih kering, serta timbul garis-garis halus pada ujung mata dan bibir. Perubahan hormon serta sinar UV adalah penyebab utama terjadinya hal-hal tersebut. Pola makan yang tidak terjaga, kurangnya olahraga, serta stres menjadi faktor yang mempercepat timbulnya penuaan dini.

Memasuki usia ini, Anda harus lebih selektif dalam memilih produk perawatan dan riasan wajah. Lakukan semua perawatan harian yang telah Anda jalani lebih intensif lagi. Make over juga isi meja rias Anda. Ganti produk-produk ringan yang biasa Anda pakai dengan jenis yang mempunyai kekuatan lebih, untuk menghindari penuaan dini.

Sebagai pelengkap perawatan harian, gunakan pelembap yang berbeda untuk siang dan malam hari secara teratur. Pelembap siang yang mengandung tabir surya dan pemutih, serta pelembap malam (krim malam) yang mengandung anti-aging untuk membantu regenerasi kulit. Oleskan krim mata untuk mengatasi kantong mata. Konsumsi juga suplemen vitamin A, E, dan C sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Perawatan mingguan yang wajib dilakukan adalah facial, scrub, dan masker. Terutama, gunakan masker yang mampu menghaluskan kulit. Jangan lupakan juga perawatan tubuh. Lakukan massage, scrub, dan lulur seminggu sekali untuk membantu mencegah atau mengurangi selulit. Pilih satu olahraga favorit Anda dan lakukan secara teratur 2-3 kali seminggu.

Untuk riasan, tak ada salahnya mulai belajar melakukan trik koreksi wajah, terutama menggunakan concealer untuk menutupi kantong mata dan kerutan-kerutan halus yang mulai tampak. Sesuaikan juga warna riasan dengan umur. Pilihlah warna pastel namun lebih lembut atau beranikan diri menggunakan warna gelap untuk malam hari. Penggunaan eyeliner, eyeshadow, dan pensil alis sangat dianjurkan agar wajah terlihat lebih segar.

Jangan lupakan masalah rambut. Mengecat rambut untuk menyiasati uban yang mulai muncul, boleh-boleh saja, tapi lakukan juga perawatan setelah pengecatan. Gunakan sampo dan conditioner khusus untuk mengembalikan struktur rambut asli, lalu lakukan creambath atau hairspa seminggu sekali. Hindari juga terlalu sering menggunakan hairdryer atau krim rambut untuk mencegah kerontokan rambut. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?