Food Trend
Buah Zaitun Terbaik, Ada di Sini!

25 May 2012


Meski Yunani dikenal sebagai negara asal pohon zaitun, saat ini justru Italia yang memegang kendali produksi buah dan minyak zaitun terbesar dan terbaik di dunia. Sedangkan Yunani berada di peringkat ketiga. Jenis buah zaitun terpopuler di negeri ini adalah koroneiki olive yang berwarna hijau terang dengan cita rasa ringan. Tujuh puluh persen dari hasil zaitun diolah menjadi minyak zaitun dan sisanya diolah menjadi pickle.

Penghasil buah zaitun terbesar kedua adalah Spanyol.  Kualitas minyak zaitun yang dihasilkan juga masih di bawah Italia. Selain diolah menjadi minyak, dapur Spanyol banyak memanfaatkan buah zaitun untuk cocolan tapas.

Di Italia, yang populer adalah frantoio olive, dengan aftertaste pahit yang kuat, dan leccino olive yang bercita rasa ringan. Keduanya berasal dari Tuscany dan umum diolah menjadi minyak berkualitas tinggi. Wilayah lain yang juga kaya akan buah zaitun adalah Prancis Selatan dengan lacques olive-nya. Buah ini lebih lonjong, berwarna hijau segar, dan sedikit asam di lidah.

Meski tak terlalu populer, Amerika Serikat (California) juga beken dengan misi olive-nya yang berwarna hitam dengan rasa agak manis. Tak salah bila buah ini banyak dikonsumsi segar. Begitu juga dengan Turki yang kaya akan buah zaitun berwarna hitam dengan kadar minyak tinggi dari Gemlik, Turki Utara. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?