Shopping List
Betutu Gaya Asli

8 Oct 2015


Blogger
terpandang, Jeny Kwok, membisikkan femina tentang penemuannya, Warung Nyoman. Kedai ini milik Romi Chandra, pria Pekalongan yang justru berkomitmen menyajikan nasi campur Bali dalam gaya autentik.
  
“Saya ingin menyebarkan cita rasa yang saya pelajari di upacara adat dan petua di Bali. Tak banyak restoran Bali di sini, apalagi yang mau menyuguhkan waktu yang sedemikian lama demi menghadirkan langkah masak sesuai tradisi,” ujar Romi, saat ditemui di kedai.

Base genep, sebagai bumbu dasar terpopuler Bali, saja masih banyak diracik dalam takaran yang kurang tepat. Inilah ketidakpahaman yang menurutnya memperparah kesalahan generasi pemasak berikut. Menurutnya, orang Bali cenderung terikat adat sehingga tidak memiliki kebiasaan merantau sebagaimana orang Jawa, Madura, Padang, dan Batak. Walhasil, racikan bumbu dan gaya masak yang tersimpan di upacara banjar, tak banyak diketahui umum.

Di spanduk ruko, terlihat ilustrasi Romi tengah membuat satai lilit. “Sate lilit bukan dikepalkan di batang serai begitu saja, membentuk pentung yang rata, tapi harus diputar oleh tangan kiri, dengan jari-jari kanan membuat pola mengulir yang seirama, mengecil hingga ke bawah,” ujarnya, sambil luwes mempraktikkan.

Romi kekeuh membuat satai dari 100% daging tenggiri, dan rela menjualnya dalam harga yang sangat terjangkau. Tanda mengenali satai yang memiliki terlalu banyak campuran tepung? Teksturnya kenyal seperti otak-otak.
Satai lilit babi juga ada, begitu juga nasi campur babi yang sukar dicari di Jabodetabek.

Namun, mengikuti cara Bali, Romi tidak mencampurkan sesuatu yang mengandung babi ke dalam masakan. Orang Bali bukan fanatik minyak babi seperti di Chinese food, melainkan fanatik menggunakan minyak kelapa murni.

‘Be’ berarti daging, walau dalam konteks lauk betutu, menggunakan unggas (ayam, bebek, entog), sementara ‘tutu’ berarti ditimbun dengan bara api dari sekam padi. Betutu di Warung Nyoman adalah versi betutu basah yang melakoni langkah klasik. “Ayam diasap sekitar satu jam, lalu direbus dalam kuah base genep, di atas api kecil. Seberapa sabar Romi menunggu proses rebus ini agar bumbu meresap? Tiga jam, hingga kuahnya pun memiliki aroma asap yang memikat! Romi yang terpuji!

Alamat: Ruko Jasmine Blok H4/No.10, Jl. Bulevar gading Serpong, Serpong Utaram Tangerang.
Telp: 0859 59598709.
Jam buka: 10.00-19.00 WIB.
Suasana: Ruko minimalis yang bersih.

TRIFITRIA S. NURAGUSTINA.
    
    
    
    




 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.