Health & Diet
Benarkah Bawang Putih Menyembuhkan Bintil di Mata?

2 Apr 2012

Tanya:
Sudah seminggu saya minum obat dan mengoleskan salep dari dokter pada bintil mata bernanah. Sayangnya, ukurannya tidak juga berkurang. Kemudian, ada saran untuk mengoleskan bawang putih pada bintil tersebut agar cepat kempis. Amankah pengobatan tradisional ini?

Jawab:
Bawang putih, konon, memiliki zat yang dapat mencegah bisul kulit, termasuk bintilan. Jika Anda mau mencoba untuk mencegah bintil tumbuh kembali, silakan saja. Tetapi, efek bawang putih ini hanya untuk mencegah terjadinya bintil, bukan untuk melenyapkan bintil yang telah ‘jadi’. Anda harus tetap minum obat atau mengoleskan salep antibiotik.

Cara termudah untuk mencegah bintil tumbuh adalah dengan menjaga kebersihan daerah seputar kelopak mata. Kalau Anda sering bepergian dengan kendaraan dan diterpa angin, sebaiknya gunakan kacamata pelindung. Begitu pula bila Anda sedang berada di tempat yang banyak debu, jangan lupa kenakan kacamata. (f)

Dr. Kartono Mohammad



 

polling
Investasi Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang populer di antara banyak kalangan. Selain memberikan return yang cukup tinggi, investasi reksa dana juga tidak memerlukan modal yang besar (mulai dari Rp100.000).  Jenis reksa dana yang bisa dipilih p