Money
Bayar Utang dengan Pinjaman

25 Jun 2012

Untuk memodali usaha tidak jarang Anda harus berutang. Jika Anda berpikir untuk melunasi utang dengan mengajukan aplikasi personal loan dari bank atau pinjaman, itu sama saja dengan gali lubang tutup lubang.  

Personal loan adalah pilihan terakhir untuk melunasi utang. Sebaiknya Anda hanya melakukannya jika Anda sudah memperkecil jumlah utang hingga seminimal mungkin. Misalnya, dengan menjual aset-aset usaha yang tak dipakai. Sebab, personal loan justru akan memperbesar jumlah utang Anda. Bunganya biasanya tinggi, melebihi bunga kartu kredit. 

Daripada membuat utang baru, coba negosiasikan dengan pengutang untuk memberi kelonggaran dengan membebaskan Anda dari bunga. Atau, carilah sumber pendanaan yang mudah. Misalnya, keluarga atau kawan dekat yang tidak keberatan meminjamkan uangnya dan memberi Anda fleksibilitas untuk melunasinya. Jika Anda memiliki properti, Anda bisa mencari pinjaman bank yang jenisnya modal kerja atau angsuran berjangka, yang bunganya lebih terjangkau. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?