Trending Topic
Baru, di Label Fakta Nutrisi

28 Feb 2014

Sejak memangku jabatan sebagai First Lady, Michelle Obama giat mengkampanyekan gaya hidup sehat. Hal ini dilatari fakta miris bahwa satu di antara tiga anak-anak di Amerika menderitas obesitas. Let’s Move! merupakan gerakan yang dinisiasi Michelle untuk menurunkan angka obesitas di antara generasi muda Amerika.

Gula, menjadi masalah utama yang ada di balik fakta tingginya angka obesitas di Amerika. Keprihatinan ini pula yang membuat sang First Lady mengusulkan perubahan informasi pada label fakta nutrisi yang tertera pada makanan atau minuman kemasan.

Menurut Michell, prinsip dari panduan nutrisi ini sangat sederhana: orang tua dan konsumen yang berbelanja ke toko bahan makanan, bisa melihat label, dan menilai apakah makanan atau minuman kemasan tersebut baik bagi keluarga mereka. “Ini adalah hal yang besar, dan akan membuat perubahan yang luar biasa bagi keluarga-keluarga di seantero Amerika,” lanjut Michelle.

Usulan Michelle ini mendapat respons positif dari lembaga FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat). “Selama 20 tahun konsumen bergantung pada label nutrisi yang ikonik ini untuk membuat pilihan makanan yang sehat. Agar tetap relevan, label fakta nutrisi yang baru akan melibatkan pengetahuan terbaru tentang nutrisi makanan dan keterkaitannya dengan perkembangan penyakit kronis yang diderita oleh warga Amerika,” ungkap Komisioner FDA Margaret A. Hamburg.

Nantinya, label baru ini akan memuat informasi tentang keberadaan “Added sugar” atau gula tambahan, yang menjadi masalah utama pada pola diet warga Amerika. Dulu, ukuran saji (serving size) yang tercantum pada label nutrisi adalah ukuran ideal. Kali ini, ukuran saji yang dipakai adalah ukuran saji aktual atau yang sesungguhnya.

Perubahan ini juga terjadi pada penyebutan vitamin. Ke depannya, vitamin A dan C tidak akan disebut lagi. Tetapi, vitamin D dan potasium akan disebut, karena vitamin ini berpengaruh terhadap munculnya gangguan kesehatan kronis. Informasi “Calories from fat” akan dihapus, tapi keterangan seperti “Total Fat”, “Saturated Fat”, dan “Trans Fat” akan tetap dipertahankan. Menurut FDA, keterangan jenis lemak ini lebih penting daripada jumlahnya. Label fakta nutrisi yang baru ini akan berlaku 90 hari setelah FDA menerima berbagai masukan.


Naomi Jayalaksana
Foto: Corbis



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?