Health & Diet
Awas Kutu!

1 Jul 2014


Beberapa jenis kutu bisa menjadi vektor penyakit. Di beberapa daerah di Amerika, salah satu penyakit berbahaya yang ditularkan oleh kutu adalah penyakit lyme, yang disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi. Penyakit ini ditularkan oleh kutu Ixodes scapularis. Di Eropa, penyakit dengan gejala yang mirip seperti penyakit lyme disebarkan oleh vektor berupa kutu Ixodes ricinus. Di Asia, penyakit lyme disebabkan oleh perantaraan Ixodes persulcatus.

Gejala utama penyakit lyme mirip dengan gejala seperti penyakit flu, yakni sakit kepala, dingin, kelelahan, dan sakit punggung. Apabila tidak diobati, penyakit bisa berkembang ke tingkat kronis yang dimulai beberapa minggu atau bulan setelah digigit kutu. Penyakit lyme kronis ditandai dengan arthritis dan gangguan neurologis seperti kelumpuhan, kelemahan pada beberapa bagian anggota badan, serta dapat terjadi kerusakan jantung.

Oleh sebab itu, jika terdapat ruam atau bentol merah di tubuh, sebaiknya jangan disepelekan, sebab bisa jadi itu gigitan kutu. Secara umum, kutu menggigit untuk mengisap darah kita sebagai makanannya. Gigitannya sendiri tidak menyakitkan, tetapi menimbulkan rasa gatal yang menyebabkan ketidaknyamanan. Jenis kutu yang paling sering ditemui adalah kutu busuk (bedbugs).

Kutu yang mengisap darah manusia dapat menimbulkan iritasi atau reaksi alergi pada daerah gigitan. Untuk orang yang kulitnya sensitif, gigitan ini dapat menimbulkan masalah pada kulit, apalagi ditambah dengan digaruk yang berlebihan dan menimbulkan iritasi pada kulit,” jelas dr. I Made C. Wirawan.
 
TIP:
  • Bersihkan pakaian dan selimut secara berkala  menggunakan air panas. Bersihkan juga furniture dan vakum lantai kayu, pintu, atau celah yang mudah menjadi tempat hama itu sering bersembunyi.
  • Sesekali, keluarkan barang-barang yang lama tersimpan. Gunakan insektisida di celah-celah lantai atau dipan tempat tidur. Sebelum menggunakan insektisida, baca labelnya apakah cairan itu dapat bersentuhan langsung dengan kulit. Jika Anda masih tidak bisa menyingkirkan mereka, gunakan jasa pembasmi serangga.

FICKY YUSRINI



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?