Health & Diet
Asap Rokok vs Kesehatan Mata

15 Apr 2015

Sudah banyak penelitian dan peringatan dibuat tentang dampak bahaya asap rokok bagi paru-paru dan jantung. Dampaknya bagi mata, sepertinya sedikit terlupakan. Padahal, paparan  asap rokok pada mata bisa mengakibatkan berbagai gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Beberapa orang ada yang sensitif dan bisa langsung merasakan matanya perih dan kering begitu terkena asap rokok. Tapi, berlama-lama nongkrong di smoking area adalah sesuatu yang biasa. Mereka sudah merasa terbiasa berada di dalam ruangan penuh asap rokok ini dan tak lagi menyadari dampaknya pada tubuh. Padahal, merasa terbiasa bukan berarti sudah kebal.
   
Menurut sejumlah penelitian yang dikumpulkan oleh Departemen Kesehatan Negara Bagian New York, merokok dapat mempercepat proses penuaan mata atau age related macular degeneration (AMD) sebanyak 4 kali lipat. Dengan kata lain, mata akan ‘menua’ lebih cepat. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah retina yang menyempit dan berisiko bocor.

Perokok juga berisiko 3 kali lebih tinggi untuk terkena katarak. Selain itu, risiko darah tinggi dan diabetes, yang merupakan faktor pemicu glaukoma, juga dapat meningkat berkali lipat akibat merokok. Penderita diabetes retinopati atau kerusakan retina akibat diabetes juga akan lebih sulit untuk sembuh dan berisiko mengalami kebutaan. (f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?