Money
Anggaran Kecantikan

25 Sep 2012


Menjaga penampilan memang penting, namun Anda harus punya anggaran kecantikan agar tidak overbudget. Kira-kira berapa persen dari penghasilan yang wajar untuk dialokasikan untuk anggaran kecantikan ini?

Pengeluaran bulanan terdiri dari 4 kategori besar, yaitu: investasi reguler, cicilan utang, pengeluaran rutin, dan pengeluaran gaya hidup. Perencana keuangan independen biasanya memonitor dua pengeluaran saja agar selalu ada dalam zona sehat. Ketentuan sehat ini biasanya menggunakan rasio sebagai berikut: investasi reguler (10%-30%)  dan cicilan utang (maksimal 30%).

Nah, pengeluaran salon dan belanja baju/sepatu/tas akan masuk dalam pengeluaran gaya hidup. Biasanya, ini harus kita beri patokan maksimal 20%. Jika pengeluaran ini terlalu besar, otomatis akan mengganggu rasio-rasio kesehatan keuangan di atas.
Coba trik berikut. Untuk pengeluaran salon Anda masih bisa menggunakan anggaran pengeluaran gaya hidup setiap bulan. Sementara, untuk urusan belanja baju/sepatu/tas tidak perlu dilakukan setiap bulan. Tapi, Anda harus menyiapkan dana shopping. Lakukan setoran rutin ke rekening tabungan yang sudah didedikasikan khusus untuk dana shopping. Dengan cara ini, Anda bisa tampil gaya tanpa kesusahan karena tidak punya uang.(f)

Baca juga tip hemat namun tetap cantik ini!


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?