Health & Diet
Alergi Obat Tradisional

13 Jul 2013



Saya (25) pernah dirawat di rumah sakit karena menderita alergi antibiotika. Sejak saat itu, saya jadi takut minum obat. Ada yang menyarankan saya untuk mencoba obat Cina dan jamu tradisional. Apakah obat tradisional bisa menimbulkan reaksi alergi juga?

Tina - Purwakarta

Menurut Prof. Dr. dr. Purwantyastuti M.SC.SpFK, Seperti halnya obat-obatan modern, obat tradisional maupun obat Cina dapat juga menimbulkan reaksi alergi. Memang, sampai saat ini belum diketahui frekuensi kasus alergi yang dialami para pengguna obat-obatan jenis ini. Yang pasti, Anda tetap harus berhati-hati sebelum mengonsumsinya. Gunakan obat-obatan itu dalam jumlah sedikit, jangan langsung mengonsumsinya dalam porsi besar.
Sering kali, agak sulit untuk memastikan apakah obat tertentu dapat menimbulkan reaksi alergi atau tidak. Salah satu petunjuk kuat adalah reaksi langsung yang timbul setelah Anda meminumnya. Jika Anda mengalami gejala gatal, bengkak atau demam, tandanya Anda alergi terhadap obat tersebut. Jadi, segera hentikan penggunaannya.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?