Tips
8 Trik Atasi Kulit Kombinasi

22 Oct 2013


Kulit kombinasi ditandai dengan area kulit berminyak di daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu, namun kering di daerah pipi dan sekitar mata. “Untuk kulit kombinasi sebaiknya gunakan dua produk perawatan kulit, yaitu produk untuk kulit berminyak untuk area T dan produk untuk kulit normal cenderung kering untuk area pipi dan mata,” ujar dr. Riri Elmarina, SpKK dari Impression Clinic.

Untuk alasan kepraktisan, kini tersedia produk yang dikhususkan untuk kulit kombinasi.

Berikut ini 8 tip memilih produk dan perawatan yang tepat untuk jenis kulit kombinasi.


1. Pembersih wajah
Gunakan pembersih wajah berbahan dasar air, bertekstur gel, minyak, atau busa lembut. Hindari sabun atau pembersih batangan jenis apa pun karena mengandung detergen yang membuat kulit menjadi  makin kering.

Coba ini: Pond’s – Oil Control Skin.  Memiliki kandungan unik mineral clay yang menyerap minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa kering.



















2. Toner penyegar

Sesudah membersihkan wajah, aplikasikan face toner yang mengandung antioksidan, berbahan dasar air atau gliserin.

Coba ini: Elizabeth Arden New York – Skin Balancing Toner. Oil free toner yang tidak mengandung alkohol,   khusus  untuk jenis kulit kombinasi.












































3. Pelembap khusus
Gunakan pelembap terutama pada area wajah yang kering, seperti sekitar bibir dan bawah mata, untuk menghindari garis halus. Pada area wajah yang cenderung berminyak, oleskan pelembap tipis-tipis saja. Pilih pelembap bertekstur gel atau lotion yang mengandung lebih banyak air untuk melembapkan kulit kering tanpa membuatnya berminyak.

Coba ini: Kiehl’s – Oil Free Gel Cream. Pelembap yang tidak mengandung minyak dan aman digunakan  tiap hari.













4. Memilih alas bedak dan tabir surya

Untuk jenis kulit kombinasi, pilih alas bedak bertekstur matte atau pressed powder yang mengandung tabir surya minimal SPF 15. Bila Anda tidak menggunakan alas bedak, gunakan tabir surya berformula titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone yang aman untuk kulit kombinasi sebelum memakai  bedak. 

Coba ini: Revlon - Nearly Naked Pressed Powder.   Memiliki SPF 20 yang dapat melindungi kulit, sekaligus membuatnya tampak halus dan lembut. Pilih warna yang sesuai dengan warna kulit.













5. Bedak yang Tepat
Bedak tabur cocok untuk jenis kulit kombinasi karena lebih mudah menyatu di kulit dan tampak alami. Jika ingin memilih compact powder, gunakan yang berformula oil free, noncomedogenic, dan hypoallergenic.

 Coba ini: Make Up For Ever Professional – Loose Powder. Mampu menyerap minyak berlebih, sangat ringan dan lembut, tidak membuat kulit menjadi kering.





















6. Masker wajah
Jenis masker yang cocok untuk kulit kombinasi adalah masker berbahan dasar alami, seperti mentimun dan gel daun lidah buaya. Gunakan masker bentuk jelly atau clay mask untuk area wajah berminyak (dahi, dagu, dan hidung), dan  masker  bentuk krim untuk area yang kering.

Coba ini: Skin Food – Jelly Mask. Masker  jelly dengan kandungan mentimun membantu mengecilkan pori wajah, mengurangi kadar minyak, dan menghilangkan sel kulit mati.














7. Nutrisi tambahan
Selain  menggunakan produk kecantikan dan perawatan yang tepat, konsumsi juga nutrisi untuk menyehatkan kulit, seperti vitamin A, C, E, zinc, dan selenium yang dikenal sebagai antioksidan. Serta essential fatty acids (EFA) yang berguna untuk mencegah penuaan dini.





























8. Perawatan malam
Gunakan produk yang mengandung tretinoin seperti retin-A, renova, dan avita yang membantu menumbuhkan sel-sel kulit baru yang sehat pada  malam hari. Pilih produk bertekstur lotion atau gel untuk kulit kombinasi.

Coba ini: Sulwhasoo - First Care Activating Serum.  Mengandung ginseng  alami untuk menyempurnakan keindahan kulit wajah.    




















Perhatikan ini:

• Hindari membersihkan wajah terlalu sering yang bertujuan mengurangi jumlah produksi minyak pada area T. Hal ini justru memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak lagi dan membuat area kulit yang kering menjadi  makin kering. Bersihkan wajah setidaknya dua kali dalam sehari.
• Bawa tisu wajah untuk menyerap minyak berlebih di daerah T.
• Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kotoran dan sel kulit mati setidaknya dua minggu sekali.
• Hindari kebiasaan menyentuh atau memijat wajah dengan tangan atau jari yang tidak bersih. Hal ini menyebabkan masalah kulit lebih lanjut, seperti jerawat. Jika ini terjadi, segera oleskan acne gel.(f)






 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?