Food Review
3 In 1 Ala Sekai

26 Jul 2011

Kalau di jalan raya, publik Jakarta mengenal istilah 3 in 1, begitu juga dengan tamu yang datang di Sekai. Resto yang dalam bahasa Indonesia berarti 'dunia' ini memang hanya mengangkat tiga menu populer asal Negeri Sakura di dalam satu tempat, yaitu shabu-shabu, sushi, dan robatayaki. Dari ketiga menu tersebut, shabu-shabu adalah yang paling dicari.

“Berbeda dengan shabu-shabu di tempat lain, shabu-shabu di sini memakai tiga macam saus pencelup, yaitu saus ponzu bercita rasa asam segar, saus sekai yang menggunakan wijen, dan saus pedas,” ujar Ahmad Isnaeni, operational manager restoran.

Di sini, tamu dapat memilih jenis daging sapi yang akan dicelupkan ke dalam kuah shabu. Ada daging sapi wagyu yang lemaknya berlapis membentuk marmer atau daging sapi jenis rib eye, yang sama-sama berasal dari Australia. Jadi, soal rasa dan kualitas tentu tak perlu diragukan lagi. Kuah kaldunya pekat, menggunakan bahan alami pilihan, seperti daging sapi dan sayuran segar.

Sebagai appetizer, robatayaki bisa jadi pilihan. Hidangan panggang asal Jepang ini selalu diincar karena aromanya yang cukup menggoda. Pilihan pertama biasanya jatuh pada robatayaki sayap ayam. Menggunakan sayap ayam pilihan berdaging tebal dan dibentuk seperti drum stick membuat sajian ini tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Bumbunya ringan, cocok sebagai pembangkit selera makan.

Bukan hanya robatayaki, tsukune menjadi appetizer yang bisa diandalkan. Sama seperti satai ayam di Indonesia, satai ayam ala Jepang ini terbuat dari daging ayam cincang, dibumbui shoyu (kecap Jepang), dan dipanggang di atas arang. Bumbu perendamnya pun tak sepekat satai Indonesia, cukup dengan tingkatan rasa ringan di lidah. Agar rasanya lebih berbobot di lidah, tsukune disajikan dengan aneka topping, mulai dari lada hitam, mayones, hingga keju mozzarella.  

Bagi yang berani pedas, coba tsukune dengan topping wasabi dan nori. Kunyahan pertama memang terasa nikmat, dengan lembutnya daging dan gurihnya lemak yang tercampur dalam adonan dagingnya. Namun, saat menarik napas, rasa pedas langsung menghantam lidah dan hidung. Dijamin menjadi obat mujarab bagi yang sedang flu berat!

Sushi sekai lover roll yang berwarna-warni menjadi santapan wajib bagi tamu. Gulungan sushi dengan isi nanas, daun selada, kyuri (mentimun jepang), ditutup dengan nasi pulen, dan dibalut unagi (belut panggang), salmon, tuna, avokad, dan obori (abon ikan berwarna merah muda). Siraman mayones dan saus teriyaki, menjadi bumbu pelengkap yang menggiurkan. Aneka rasa yang ada tidak mendominasi satu sama lain, tapi tetap terasa lapis demi lapisnya. (CW)
       
Lokasi: Jl. Suryo No. 30, Jakarta Selatan. Telp: (021) 72788750. Harga*): Makanan: Rp5.000 – Rp235.000, Minuman: Rp9.000 – Rp36.000 (Belum termasuk pajak dan pelayanan 15.5%). Jam buka: Pukul 10.00 – 22.00 WIB. Suasana: Resto Jepang modern dengan cahaya lampu temaram. It's so heaven on earth!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

FOTO: SURYO TANGGONO.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?