Food Trend
3 Bahan Utama membuat Meringue

22 Aug 2012


1. Putih telur
Gunakan putih telur yang segar (maksimal 2 hari setelah dibuka dari cangkang telur). Pastikan untuk menggunakan putih telur suhu ruang dan benar-benar ‘bersih’ dari kuning telur. Karena kunci pembentukan tekstur meringue yang baik adalah tekstur kaku yang dibentuk oleh denaturasi (pemecahan protein) di dalam putih telur. Jika putih telur dalam kondisi dingin (suhu lemari es), pisahkan terlebih dulu putih telur dari kuningnya. Lalu, istirahatkan selama 30 menit sebelum diproses.

2. Gula
Gula bubuk (icing sugar) atau gula pasir sama-sama bisa digunakan. Tak perlu takut gagal karena masing-masing punya keunggulan. Gula bubuk lebih mudah tercampur rata ke dalam adonan dan mengandung tepung maizena yang bisa diandalkan untuk membuat adonan lebih stabil. Sedangkan gula pasir lebih kaya rasa. Anda juga bisa menggunakan brown sugar guna memberi aroma karamel pada meringue. Cukup ganti ½ bagian gula dengan brown sugar.

3. Cream of Tartar
Merupakan produk hasil pengolahan wine. Berguna sebagai bahan penstabil (stabilizer). Dimasukkan dalam jumlah yang sedikit ke dalam adonan. Tidak hanya untuk menjaga konsistensi adonan, tapi juga dapat meningkatkan volume hasil pengocokan putih telur. Tidak perlu takut, karena penambahan cream of tartar tidak memengaruhi rasa. Jika tidak ada, ganti dengan air jeruk lemon atau cuka dalam jumlah yang sama.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?