Trending Topic
10 Buku yang Akan Dibicarakan di 2016

14 Jan 2016

Berikut ini adalah 10 buku yang akan ramai diperbincangkan di 2016.



1. Food Listography
Lisa Nola/ Chronicle Books, Aksara
September 2015
Anda pencinta makanan? Penggila fotografi makanan? Food blogger? Jika ya, maka buku ini wajib Anda miliki. Dalam buku setebal 244 halaman ini, Lisa Nola mengajak Anda untuk mencatat semua pengalaman kuliner Anda, mulai dari tempat-tempat makan seru, menu favorit, playlist musik untuk mengiringi  tiap suapan, hingga resep-resep makanan Anda yang gagal. Catatan kuliner ini mengajak Anda untuk tidak melupakan apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh Anda.










____________________________________________________________


2. Lost Ocean: An Inky Adventure and Colouring Book

Johanna Basford/ Penguin Books, Periplus
Oktober 2015
Seni dapat menjadi sarana untuk membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih relaks. Mewarnai gambar adalah salah satunya. Buku mewarnai ini mengajak Anda untuk menyelami lautan, menelusuri  tiap lapisan di bawah air, dan mengejutkan Anda dengan detail-detail memesona dari ilustrasi Johanna Basford. Jika Anda cukup bersabar untuk mewarnai  tiap detailnya, bersiaplah untuk menemukan harta karun di beberapa halaman. Terdiri dari 80 halaman, ilustrasi Lost Ocean dibuat di atas kertas tebal sehingga warna-warni dari alat pewarna Anda tidak menembus ke halaman berikutnya. Siapkan krayon, spidol, dan pensil warna Anda.

_________________________________________________________________________


3. Trigger Mortis (A James Bond Novel)

Anthony Horowitz
September 2015
Setelah merayakan kemenangannya atas raja kriminal Auric Goldfinger, James Bond belum bisa hidup tenang. Didampingi Pussy Galore yang jelita, Bond harus menghadapi jaringan kriminal SMERSH yang akan menyabotase acara Grand Prix. Saat Bond sedang menghadapi berbagai ancaman, ia juga mendapat peringatan dari milyuner Korea Jason Sin bahwa kekacauan Grand Prix ini hanya awal dari permainan pihak Soviet. Berlatar belakang tahun 1957, buku ini dianggap sebagai sekuel dari Goldfinger. Anthony Horowitz menuliskannya langsung berdasarkan materi asli dari pengarang dan pencipta karakter James Bond, Ian Fleming.

4. Intelegensi Embun Pagi

Dee
2016
Berawal dari sepasang kekasih, Dhimas dan Ruben yang menulis kisah tentang cinta dan pengkhianatan antara seorang laki-laki yang mereka sebut Ksatria, dengan  wanita bersuami yang mereka sebut Puteri. Dhimas dan Ruben juga menghadirkan sosok Diva si Bintang Jatuh sebagai penjalin cerita. Kisah yang ditulis Dhimas dan Ruben mulai terasa janggal ketika ternyata, tanpa mereka sadari, tokoh-tokoh tersebut hidup di dunia nyata. Teka-teki mereka beserta tokoh-tokoh baru terbangun lewat buku Akar (2002), Petir (2004), Partikel (2014), dan Gelombang (2014). Bagaimana ujung perputaran hidup Dhimas, Ruben, Diva, Bodhi, Elektra, dan Zarah? Inilah yang akan dikisahkan dalam buku terakhir seri Supernova, Intelegensi Embun Pagi.

_________________________________________________________________________


5. Monsoon Tiger and Other Stories
Rain Chudori/ Kepustakaan Populer Gramedia
Desember 2015
Kisah dimulai dengan seorang remaja perempuan yang seakan memiliki keluarga sempurna. Ia tinggal bersama ayah dan ibunya dalam sebuah rumah mewah dan indah. Namun, kesempurnaan itu ternyata semu. Sang ayah kerap menghilang tanpa kabar. Remaja dan sang ibu terus mencari, memaksa remaja tersebut bersahabat dengan kondisi keluarga yang tidak seindah rumah mereka. Kisah remaja dan keluarganya yang tak sempurna merupakan cuplikan dari cerita pendek Dollhouse dalam buku kumpulan cerpen ini. Melalui delapan cerita pendek yang ditulis dalam bahasa Inggris, Rain mengajak Anda untuk lebih memahami cinta, keintiman, dan kesunyian dalam kehidupan perempuan. Rain mulai menulis cerita pendek sejak usia 14 tahun. Buku ini menandai usianya yang ke-21.

6. Memorabilia & Melankolia
Agus Noor/ Penerbit Gambang Buku Budaya
Desember 2015
Kekuatan bahasa Agus Noor membuat pengalaman berbagi kenangan menjadi tidak biasa. Dalam buku kumpulan cerita pendek yang dicetak terbatas ini, Agus Noor juga berkolaborasi dengan ilustrator muda, Chenka Sp.  Memorabilia dan Melankolia dicetak dalam jumlah terbatas.
___________________________________________________________________________


7. Attachments

Rainbow Rowell/ Penerbit Spring
Desember 2015
Bagaimana rasanya jatuh cinta melalui kata-kata? Lincoln, seorang petugas keamanan internet, mengalaminya. Pekerjaannya memaksa Lincoln untuk mengawasi aktivitas e-mail seluruh karyawan. Di sisi lain, Beth dan Jennifer pun mengetahui bahwa ada seseorang yang mengawasi e-mail mereka. Namun, mereka tidak tahu siapa orangnya dan tidak mau ambil pusing. Beth dan Jennifer kerap bertukar cerita lewat e-mail. Lincoln, yang mengikuti cerita mereka dari awal dari balik layar komputer pengawas, daim-diam mulai jatuh cinta kepada salah satunya. Apa yang bisa dikatakan Lincoln kepada sang pemilik kata-kata?






_________________________________________________________________


8. Harry Potter dan Batu Bertuah: Illustrated Edition

J.K. Rowling dan Jim Kay/ Gramedia
Februari 2016
Petualangan Harry Potter saat pertama kali bertemu Rubeus Hagrid dan mengetahui bahwa dirinya adalah seorang penyihir terasa lebih mendebarkan dalam buku ini. Goresan tangan Jim Kay yang menjelma dalam gambar-gambar indah mampu menggiring imajinasi pembaca menjadi lebih kaya. Meski Anda sudah menikmati novel dan filmnya, buku ilustrasi pertama Harry Potter ini terlalu sayang untuk dilewatkan.

9. Tidak Ada New York Hari Ini
Aan Mansyur
2016
Lihat tanda tanya itu, jurang antara kebodohan dan keinginanku memilikimu sekali lagi.
Kisah cinta Rangga dan Cinta tak utuh rasanya tanpa puisi dan sebuah buku. Mendampingi film Ada Apa Dengan Cinta? 2, Aan Mansyur menuliskan baris-baris puisi yang melukiskan perasaan dan pemikiran Rangga selama berada di New York. Tiga puluh puisi yang ditulis Aan juga mengantar Anda untuk menyelami masa pendewasaan seorang remaja menjadi laki-laki dewasa yang berusaha menjawab pertanyaan tentang cinta.

__________________________________________________________________________


10. Career of Evil
Robert Galbraith/ Gramedia Pustaka Utama
2016
Robin Ellacot, asisten dari detektif Cormoran Strike, menerima sebuah paket misterius berisi kaki perempuan. Cormoran menduga bahwa ada salah satu dari empat orang di masa lalunya yang bisa melakukan perbuatan keji seperti itu. Saat para polisi fokus dengan memburu tersangka yang salah, Cormoran dan Robin mengambil langkah berbeda. Menggunakan nama pena Robert Galbraith, J.K. Rowling mencoba mengulang kesuksesan dua novel sebelumnya, The Cuckoo’s Calling yang diterbitkan tahun 2013, dan The Silkworm yang terbit tahun 2014.





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?