Health & Diet
‘Dorongan’ Kopi

24 Dec 2015

Mungkin Anda salah satu yang merasa wajib minum kopi di pagi hari untuk memperlancar buang air besar. Ini bukan sekadar mitos, kopi memang membuat pencernaan lebih aktif, menurut dr. Satish Rao, Ph.D., kepala bagian Digestive Health Center di Georgia Regents University. Ia telah melakukan penelitian untuk membuktikannya. Ia meneliti orang yang minum kopi yang mengandung kafein, kopi yang sudah dikurangi kafeinnya, air hangat, dan yang makan burger. Hasilnya, burger membuat pencernaan bergerak paling kuat, tapi kopi berkafein membuat perut berkontraksi 60% lebih kuat daripada yang ditimbulkan air putih, dan 23% lebih kuat daripada kopi decaf.

Meski kafein memegang peranan besar, ia yakin ada komponen lain dalam kopi yang membuat ini terjadi. Ahli lain berpendapat, kopi memicu hormon tertentu, seperti motilin dan gastrin, yang membuat organ pencernaan lebih aktif. Ada juga ahli yang berpendapat, dorongan untuk BAB pada dasarnya lebih besar di pagi hari, apa pun rutinitas Anda, karena ritme sirkadian tubuh akan membuat usus besar  dua kali lebih aktif saat itu. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?