Trending Topic
Warga Jakarta Sudah Memilih Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada DKI Putaran 2, Berikut Komitmen Paslon untuk Perempuan dan Anak-anak

20 Apr 2017


Foto: KPUJakarta.go.id
 
Masyarakat Jakarta kembali ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk kembali memberikan suara kepada paslon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dengan nomor urut dua, atau paslon nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada tanggal 19 April 2017 kemarin. Melalui perhitungan cepat, pasangan Anies dan Sandiaga berhasil memenangi putaran kedua Pilkada DKI

Lembaga survei Charta Politika mengeluarkan rilis perhitungan cepat di Pilgub DKI Jakarta putaran dua 2018-2023, yaitu 42,13% untuk Ahok-Djarot dan 57.87% untuk Anies-Sandiaga.  Hasil tersebut diambil dari 400 TPS sampling yang dipilih secara acak dengan metode Stratified Cluster Sampling dan margin of error (moe +/-) sekitar 2 persen serta tingkat kepercayaan 99%, sementara total jumlah TPS adalah 13.043 dengan 7.218.280 DPT (daftar pemilih tetap). Hasil quick count sementara di Liputan 6 juga memperlihatkan bahwa Anies-Sandiaga unggul dengan 58,06% suara dan 41,94% suara untuk pasangan Ahok-Djarot. 

Kemarin (19/04) saat menggelar jumpa pers, pasangan Ahok-Djarot sudah memberikan ucapan selamat kepada pasangan Anies-Sandiaga. Ahok melalui akun Twitter pribadinya @basuki_btp juga berterima kasih kepada seluruh warga Jakarta dan minta dukungan untuk menyelesaikan tugasnya hingga Oktober 2017 mendatang. Pun demikian, kita masih harus menunggu hasil akhirnya dari KPU Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 29 April – 1 Mei 2017 untuk rekapitulasi, penetapan, dan pengumuman hasil penghitungan suara tingkat provinsi. 
 

 
Sekadar mengingatkan kembali, berikut komitmen kedua pasangan cagub untuk perempuan dan anak-anak.

Komitmen Pasangan Cagub No.2 Basuki Tjahaja Purnama & Djarot Saiful Hidayat:
-Pemenuhan atas hak kesehatan reproduksi, seksualitas, dan mental. Antara lain dengan melakukan pap smear gratis dan vaksin HPV sedini mungkin. Menggiatkan layanan ketok pintu, karena perempuan saat sakit banyak berdiam di rumah. Ini penting untuk deteksi dini.
-Pemenuhan hak pendidikan, khususnya anak perempuan, salah satunya dengan melarang perkawinan anak  di bawah  usia 18 tahun.
-Penguatan ekonomi dan perwujudan kesempatan kerja layak bagi wanita, antara lain dengan kemudahan peminjaman modal usaha bagi wanita  pengusaha, serta perlindungan terhadap pekerja sektor informal.
-Pemenuhan HAM Perempuan dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan, antara lain dengan mengoptimalkan Perda DKI No.8 Tahun 2011 Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dan menjalan sistem keamanan publik.
-Pemenuhan hak anak, disabilitas dan lansia dengan melanjutkan dan memperbanyak ketersediaan bus sekolah, serta layanan fasilitas transportasi gratis pada kelompok disabilitas dan lansia.

Komitmen Pasangan Cagub No.3 Anies Baswedan & Sandiaga Uno:
-Menolak dan menghentikan reklamasi pantai yang terbukti menyengsarakan wanita dan masyarakat pada umumnya.
-Penanganan dan mencegah human trafficking dan mereka yang terpaksa menjadi pekerja seks komersial yang pada praktiknya menindas wanita.
-Menghukum pelaku kekerasan terhadap wanita. Memfasilitasi dan membuka akses serta sumber daya bagi pendampingan korban kekerasan.
-Menciptakan Jakarta yang aman tak hanya di kota, tapi juga di jalan, rumah, dan tempat kerja. Rasa aman itu juga berarti tidak takut rumahnya digusur.
-Jaminan fasilitas bisnis berbasis rumah tangga, wanita diajak untuk menjadi pelaku bisnis yang aktif. Untuk itu, nanti akan ada fasilitas pendidikan bisnis yang memberi fasilitas pinjaman.
-Pendidikan kesehatan, salah satunya tentang pentingnya ASI.

Semoga gubernur dan wakil gubernur terpilih tidak melupakan janji dan komitmennya. (f)

Baca juga:
Calon First Lady DKI Jakarta: Veronica Tan Memilih Bekerja di Balik Layar untuk Mendampingi Basuki Tjahaja Purnama
Calon First Lady DKI Jakarta: Fery Farhati Mempersiapkan Generasi Penerus Bersama Anies Baswedan
Pengaruh Konflik Politik Pilkada yang Tidak Toleran Pada Perilaku Anak


Alice Larasati


Topic

#pilkada

 

polling
SEA GAMES 2017

SEA GAMES 2017 sudah berlangsung sejak 19 Agustus lalu hingga 30 Agustus mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. Sejumlah pertandingan dari beragam cabang olahraga pun digelar.

Dari beragam cabang SEA GAMES 2017, mana yang paling bikin Anda tertarik untuk tonton di TV?