Trending Topic
Umat Muslim Di Negara Ini Puasa Paling Lama Tahun Ini

5 May 2019

Foto: David McEachan/Pexels
 
Bulan Ramadan, bukan ke-9 tahun1440 Hijriah telah tiba, saatnya umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Tahun ini di Indonesia, puasa jatuh pada pertengahan tahun. Berada di daerah katulistiwa, perbedaan rentang waktu antara waktu mulai berpuasa yaitu waktu subuh hingga berbuka di saat magrib, relatif tak jauh berbeda sepanjang tahun. 

Tapi beda ceritanya dengan negara subtropis yang berada jauh dari katulistiwa. Umat muslim di negara subtropis bisa mengalami puasa dengan rentang waktu berbeda-beda seumur hidupnya, tergantung ramadan jatuh pada musim apa. Pada musim panas, dimana matahari bersinar lebih lama, rentang waktu puasa pun akan lebih lama dibanding jika ramadan jatuh pada musim dingin yang lebih sebentar diterangi sinar matahari. Tak hanya itu,  lamanya waktu berpuasa tiap negara bisa berbeda, tergantung waktu terbit dan tenggelam matahari di sana.

Lalu dimana waktu puasa paling lama tahun 2019 ini? Muslim yang sedang berada di Murmansk, Rusia akan merasakan puasa terlama tahun tahun ini. Pada tanggal 6 Mei, yang diperkirakan menjadi awal puasa, menurut aplikasi muslimpro waktu subuh jatuh pada pukul 01.46 pagi, sementara waktu berbuka atau magrib adalah pukul 22.24. Artinya, lama puasa adalah 20 jam 38 menit. Hanya ada waktu tak sampai empat jam untuk berbuka dan kembali sahur. 

Sementara itu di kota Reykavik, Islandia, negara yang terkenal sebagai tempat berburu aurora itu, subuh jatuh pukul 02.44, dan waktu berbuka pada puasa hari pertama adalah pukul 22.04. Muslim yang sedang berada di Islandia akan berpuasa sekitar 19 jam 20 menit.  Itu pada hari pertama puasa, selanjutnya, sama seperti Rusia menuju musim panas, di tempat ini semakin sebentar waktu gelapnya.

Kebalikan dari belahan dunia utara, di bumi bagian selatan katulistiwa ramadan jatuh pada musim gugur. Matahari bersinar tidak selama musim semi. Lama rentang puasa pun lebih pendek. 

Di Sidney, Australia, puasa dimulai pada pukul 05.08 hingga 17.11 atau selama 12 jam tiga menit. Di New Zealand, puasa lebih pendek lagi, mulai pukul 05.49 hingga 17.26 atau 11 jam 37 menit. 

Di Jakarta, hari pertama puasa, subuh jatuh pukul 04.36 sementara magrib pukul 17.49. Sekitar 13 jam warga muslim Jakarta dan sekitarnya esok akan menahan lapar dan hawa nafsu. Selamat berpuasa, sahabat Femina. (f)

Baca Juga:

Parade Tujuh Rasa Ramadan
3 Pembagian Porsi Makan Ideal Selama Puasa Agar Anda Tidak Kurang Gizi
9 Tip Mudik Sehat, Aman dan Selamat Sampai Tujuan


Nuri Fajriati


Topic

#puasa, #ramadan, #puasadanlebaran

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.